Makanan Bayi 8 Bulan Agar Cepat Gemuk

Agar cepat gemuk, berikan bayi makanan yang berkalori tinggi untuk menyokong sumber energinya. Tapi jangan memilih makanan yang asal membuat bayi gemuk, melainkan makanan yang sehat dan bergizi baik. Berikut beberapa rekomendasinya: 
  • Alpukat 
Alpukat mengandung kalori yang banyak dan lemak yang sehat untuk memenuhi kebutuhan kalori bayi. Kamu berikan alpukat dengan cara disendok tanpa campuran apa-apa ataupun dihaluskan dan dicampur dengan susu. 
  • Keju 
Keju merupakan sumber kalori yang cukup sehat untuk bayi. Keju bisa dicampur dengan telur orak-arik, ataupun dimasukkan ke dalam pasta ataupun bubur. 
  • Ubi dan kentang
Ubi dan kentang merupakan sumber karbohidrat yang baik. Kedua bahan makanan ini bisa diolah menjadi puree sebelum diberikan kepada bayi. 

 
source: https://www.verywellfamily.com

 

Makanan Bayi 8 Bulan Penambah Berat Badan

Bayi yang kurus dan tidak berada pada berat idealnya memang cukup mengkhawatirkan. Untuk mengatasinya, coba berikan bayi makanan yang bisa meningkatkan berat badannya. Beberapa contohnya adalah: 
  • Susu
Setiap ibu dianjurkan memberikan ASI eklusif selama 6 bulan kepada bayi. Tapi, tak ada salahnya tetap melanjutkannya sampai bayi berusia 1 tahun, karena kandungan ASI sangat baik untuk tumbuh-kembang bayi dan bisa menambah berat badannya. 
  • Bubur Beras
Beras merupakan salah sumber karbohidrat yang efektif meningkatkan berat badan bayi. Agar lebih lezat dan meningkatkan nafsu makan, olah bubur dengan bahan makanan lain, seperti
daging ayam, sayur-sayuran dan jangan lupa tambahkan kaldu untuk menambah rasa dan aroma. 
  •  Daging Ayam
Daging ayam tinggi protein dan vitamin B12 yang sangat baik untuk meningkatkan berat badan bayi. Kombinasikan daging ayam dengan sayur-sayuran juga bubur agar nutrisi yang didapatkan seimbang. 
 
source: https://www.dailymail.co.uk


 
baca juga

Resep Bubur Bayi 8 Bulan Penambah Berat Badan

  • Bubur Tim Hati Ayam 

Bahan: 
  • satu atau dua genggam beras, cuci bersih
  • bayam secukupnya, kukus
  • hati ayam secukupnya (pilih ayam kampung), kukus
  • kaldu
  • air

Cara Membuat: 
1. Cuci bersih dan tim beras dengan segelas air. Aduk sampai teksturnya berubah menjadi lebih halus.
2. Saat bubur akan matang, masukkan bayam dan potongan hati ayam yang telah dikukus.
3. Masukkan kaldu. 
4. Setelah matang, dinginkan terlebih dahulu sebelum memberikannya kepada bayi. 
 
source: https://www.momjunction.com

 

Gambar Tekstur Makanan Bayi 8 Bulan

Memasuki usia 8 bulan, kemampuan makan bayi semakin meningkat. Bayi juga cenderung menolak makana dalam bentuk puree cair dan lebih suka dengan makanan bertekstur kasar. 
Untuk itu, berikan makanan bayi dengan tekstur agak kasar seperti bubur yang dicampur dengan daging ayam dan sayur-sayuran yang dipotong kecil-kecil. 

Pada usia ini juga, latih bayi untuk makan sendiri dengan menyiapkan finger food yang bisa diambilnya sendiri dan dimasukkan ke dalam mulut. Meski belum memiliki gigi untuk mengunyah, bayi akan menggunakan gusi untuk meremas makanan. Contoh finger food untuk bayi seperti potongan buah dan sayuran yang dikukus. 
 

source: https://wholesomebabyfood.momtastic.com

 
baca juga

Tekstur Bubur Tim Bayi 8 Bulan

Bubur tim merupakan salah satu makanan bayi yang favorit. Selain rasanya yang lezat, gizi dalam bubur tim juga sangat lengkap. Bubur tim mengandung karbohidrat, lemak, protein dari daging ayam ataupun telur, vitamin dan mineral dari sayuran yang digunakan. Untuk bayi berusia 8 bulan yang sudah tumbuh gigi, berikan bubur tim dengan tekstur yang sedikit kasar, atau juga bisa disaring untuk mendapatkan tekstur lebih lunak dan mudah dicerna. 
source: https://www.mpasi.org