Moms dengan bayi ASI eksklusif tentu khawatir jika mengalami penurunan atau pelambatan kenaikan berat badan, padahal penurunan berat badan bayi baru lahir itu normal lho, Moms. Beberapa hari setelah lahir, bayi ASI mengalami penurunan berat badan. Namun, secara perlahan akan kembali ke angka awal saat bayi baru lahir dalam waktu 10 hari.

 

source: https://cdn.hellosehat.com/wp-content/uploads/2017/09/Berat-Badan-Bayi-Ideal-di-Satu-Tahun-Pertamanya.jpg?x54339


Di usia 3-6 bulan, berat badan bayi akan mengalami penurunan, tetapi setiap minggu selanjutnya, si kecil akan mengalami kenaikan berat badan bayi per harinya sehingga jika ditotal akan mengalami kenaikan antara 105-147 gram. Pada usia 6-12 bulan, kenaikan berat badan semakin kecil, yakni sekitar 70-91 gram per minggu.

Untuk mengetahui lebih jelas standar pertumbuhan bayi, berikut ini tabel berat badan bayi yang bisa dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang bisa juga Moms gunakan untuk acuan tabel berat badan bayi ASI.

Tabel berat badan bayi perempuan

Berikut ini tabel berat badan bayi perempuan, yang sedikit berbeda dari bayi laki-laki.

baca juga

Tabel berat badan bayi laki laki

Nah, tabel ini adalah untuk perkembangan berat badan bayi laki-laki.

Moms bisa membandingkan hasil pengukuran berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala si kecil sesuai dengan standar internasional WHO tersebut. Apabila hasilnya masih berada dalam rentang sesuai usianya, maka pertumbuhan si kecil termasuk dalam kategori normal. Namun, untuk memastikan pertumbuhan si kecil benar-benar dalam keadaan baik, ada baiknya mommy selalu rutin berkonsultasi ke dokter anak, bidan atau mengikuti kegiatan posyandu yang biasa dilakukan di puskemas terdekat.

Sebab, pada dasarnya setiap bayi memiliki grafik berat badan bayi ASI yang berbeda. Beberapa bayi mungkin mengalami pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan dengan lainnya. Ada juga beberapa bayi yang kemajuan perkembangannya sedikit lebih lambat, tapi memiliki panjang dan berat badan yang sesuai dengan grafik pertumbuhannya.

Paling penting adalah siapkan selalu nutrisi untuk pemenuhan gizi si kecil ya Moms, dengan memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan pertamanya, adalah pilihan yang penting untuk tumbuh kembang bayi.