Perhitungan manual BMI (Body Mass Index)

Moms dapat menghitung berat badan ideal wanita dengan cara penghitungan BMI (Body Mass Index) seperti ini:

Berat badan (dalam kilogram) : kuadrat tinggi badan (dalam ukuran meter).
BMI = (BB) / [(TB) x (TB)]

Misalkan, untuk mengetahui berat ideal wanita tinggi 150 yang sedang hamil dengan berat badan 58 kg dapat dihitung sebagai berikut, 58: (1,5m x 1,5m) = 25.77

Dengan perhitungan manual ini Moms dapat mengetahui berat badan ideal wanita tinggi 155, berat badan ideal wanita tinggi 158, hingga berat badan ideal wanita tinggi 165. Setelah mengetahui BMI, dengan menggunakan panduan dari Institute of Medicine (IOM) Moms bisa mengetahui berat badan yang masuk dalam kategori yang underweight, normal, atau overweight

Underwight

BMI di bawah 18.5, menunjukan jika Moms memiliki berat badan di bawah angka normal. Kenaikan berat badan ideal selama hamil adalah 12 sampai 18 kg. Moms harus terus mengecek kenaikan berat badan bayi setiap pemeriksaan. Selama bayi di dalam kandungan mengalami kenaikan berat badan yang ideal, meski Moms tidak mengalami kenaikan yang cukup signifikan, hal tersebut masih dapat dibilang normal.
 

Normal 

BMI 18.5 sampai 24.9 tergolong normal dan ideal, kenaikan berat badan yang baik adalah 11 sampai 16 kg. Moms harus terus menjaga supaya pada saat hamil, berat badan Moms tidak mengalami kelonjakan terlalu tinggi di luar batas normal.

Overwight

BMI antara 25 sampai 29.9, menunjukkan jika Moms termasuk overweight atau kelebihan berat badan. Jika Moms mengalami hal ini, perhatikan asupan makanan yang Moms makan, kurangi gula dan karbohidrat, perbanyak makan protein serta serat supaya buang air besar lancar. Jangan lupa berolahraga dan ganti camilan dengan buah dibandingkan snack kemasan lainnya.

baca juga

Aplikasi Pemantau Berat Badan Ibu Hamil

Selain memakai cara yang manual, Moms juga bisa menggunakan aplikasi untuk memantau kenaikan berat badan Moms. Berikut ini ada dua aplikasi rekomendasi untuk dicoba. 

Pregnancy+

Aplikasi ini dapat membantu membantu mencatat kenaikan berat badan per minggu yang dialami selama hamil. Moms juga dapat mengetahui berbagai hal mulai dari kondisi janin, ukuran janin, juga gerakan janin. 

Ovia Pregnancy Tracker & Baby Countdown Calendar

Aplikasi Ovia akan mencatat berat badan dan tingkat kesehatan Moms. Melalui aplikasi ini, Moms dapat menjaga gaya hidup sehat dengan mengatur makanan berdasarkan usia janin dan ibu.