Ubah Mindset Kamu

Mendengarkan berbagai informasi, baik itu informasi mengenai hal yang menyenangkan maupun yang tidak, memiliki manfaatnya masing-masing. Kamu harus bisa mengatur perspektif kamu dapat menangkap sebuah informasi. Misalnya, jika seorang teman menceritakan pengalaman buruk tentang proses persalinan normal, kamu dapat mengambil sikap membangun diri dengan cara mencari info tentang risiko hal tersebut terjadi padamu, dan bagaimana cara mencegahnya. Atau sebaliknya, jika temanmu menceritakan betapa menyenangkannya melahirkan dengan proses normal, kamu juga harus dapat termotivasi untuk dapat bisa melalui proses dengan baik dan tenang.

source: http://www.healthandbloom.com


 

Persiapkan Fisik

Persiapkanlah kesehatan serta energi untuk menghadapi proses persalinan lebih mudah. Melakukan olahraga menjelang hari kelahiran sangat dianjurkan karena sangat bermanfaat untuk menambah kebugaran dan kekuatan tubuh. Selain itu, kamu juga dapat melakukan latihan untuk otot otot panggul serta pernafasan agar persalinan nanti lebih lancar. 
source: http://www.alodokter.com

Selain itu, penuhi gizimu agar semua kebutuhan nutrisi untukmu dan calon bayimu menjadi terpenuhi. Pastikan selalu asupan air putih yang banyak, zat besi, protein dan kalsium. Menjaga pola makan juga akan membantu kamu untuk melalui persalinan yang lebih lancar.

 

baca juga

Matangkan Mentalmu

Berkonsultasi pada pakar tentang kehamilan dan persalinan adalah hal yang sangat dianjurkan. Hindari terlalu banyak mencari informasi di internet karena persoalan kesehatan sangatlah berbeda pada tiap individu. Tidak ada salahnya untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya, namun tetap memperhatikan kevalidan dan dampak dari mendapat info yang salah. Jadi, sebaiknya, kamu berkonsultasi dengan bidan atau dokter yang menanganimu. Tanyakan tips untuk mempersiapkan kehamilan dengan lebih matang.

source: http://www.webmd.boots.com


 

Tingkatkan Percaya Diri dan Berserah Pada Tuhan

Terakhir, tingkatkan rasa percaya diri dengan meyakinkan diri bahwa kamu dapat melalui itu semua. Kamu adalah seorang wanita kuat yang mampu berjuang untuk kelahiran anakmu kelak. Kepercayaan diri ini sangat penting untuk menjaga mental yang sudah kamu bangun saat menunggu hari kelahiran. Kemudian, jangan lupa untuk berserah pada Tuhan dengan apapun yang Ia kehendaki. Lalui proses ini dengan ikhlas dan lapang dada. Hal ini sangat penting untuk mengatasi risiko trauma melahirkan.

source: https://www.everydayfamily.com

Nah, itulah tips untuk kamu yang akan segera melalui proses melahirkan normal. Tetap percaya diri dan yakin pada diri sendiri ya, moms!