Apa Itu Bayi Tabung?

Bayi tabung merupakan suatu proses pembuahan yang dilakukan diluar rahim perempuan, lebih tepatnya pembuahan dilakukan di dalam tabung yang dikondisikan semirip mungkin dengan rahim.

source: https://keperawatanreligionsriendah.wordpress.com/


Bayi tabung biasa disebut juga dengan In Vitro Fertilisation (IVF) yang artinya adalah suatu metode untuk mempertemukan sel telur dengan sel sperma dengan tujuan terjadi pembuahan. Metode bayi tabung ini biasanya disarankan oleh dokter jika segala macam cara seperti obat-obatan kesuburan, inseminasi buatan tidak berhasil membuat Moms hamil. For your information, Moms, program bayi tabung ini lazimnya dilakukan pada wanita yang memiliki masalah ovulasi, gangguan rahim, kualitas sel telur rendah, dan memiliki penyakit endometriosis. Sedangan pada pria, bayi tabung ini dilakukan karena Dads bermasalah dengan jumlah sperma yang sedikit, dan ketidakmampuan sperma bertahan dalam leher rahim. 

Bagaimana Sih Proses Bayi Tabung?

Bayi tabung memiliki proses yang sangat panjang. Pastinya untuk mendapatkan bayi imut dan bayi lucu yang telah lama diiidam-idamkan Moms dan Dads harus memiliki kesabaran ekstra dalam menjalani setiap prosesnya. Lalu, bagaimanakah proses bayi tabung?

 

source: http://www.azzafran.com/

Tidak sama dengan kehamilan pada umumnya, proses pembuatan bayi tabung harus melalui beberapa prosedur tertentu. Dan ini tentu memakan waktu yang lama. 

  • Merangsang tubuh wanita dengan suntik hormon untuk memproduksi beberapa sel telur sekaligus.
  • Pengujian melalui tes darah atau ultrasound untuk menentukan kesiapan pengambilan sel telur. Sebelumnya, pihak wanita juga akan diberikan suntikan yang akan membantu mematangkan sel telur yang berkembang dan memulai proses ovulasi.
  • Selama prosedur pengambilan sel telur, dokter akan mencari folikel dalam rahim dengan menggunakan bantuan USG. Sel telur kemudian akan diambil dengan menggunakan jarum khusus yang memiliki rongga. Prosedur ini berlangsung sekitar 30 menit hingga satu jam. Sebagian wanita diberikan obat pereda nyeri sebelum dilakukan prosedur tersebut, namun bisa juga diberikan obat penenang ringan hingga dibius total.
  • Sel telur segera dipertemukan dengan sperma pasangan, yang harus diambil pada hari yang sama. Kemudian disimpan di dalam klinik untuk memastikan perkembangannya maksimal.
  • Setelah embrio hasil pembuahan sel telur dan sperma tersebut dianggap cukup matang, maka embrio akan dimasukkan ke dalam rahim. Dokter akan memasukkan semacam tabung penyalur yang disebut kateter ke dalam vagina hingga sampai ke dalam rahim. Untuk memperbesar kemungkinan hamil, tiga embrio umumnya ditransfer sekaligus .
  • Dua minggu setelah transfer embrio, maka pihak wanita akan diminta untuk melakukan tes kehamilan.
baca juga

Nah Moms, itu tadi proses pembuatan bayi tabung yang harus Moms dan Dads jalani jika memilih jalan ini untuk mendapatkan keturunan anak bayi lucu yang sudah diinginkan sejak lama. Setelah menjalani proses bayi tabung, Moms diharapkan bisa relaks dan jangan terlalu stres. Karena, hal tersebut dapat menghambat kehamilan. Semoga berhasil ya, Moms.