Peran orang tua untuk memastikan segala sesuatu yang terbaik untuk si Kecil sangatlah krusial, termasuk tentang perencanaan pendidikan anak. Sejak awal, Moms dan Dads sudah harus mulai mengevaluasi fasilitas asuransi pendidikan mana yang akan dipilih, demi kelancaran masa depan si Kecil. 

Namun, mengingat banyaknya perusahaan asuransi yang menawarkan keunggulan, tentu wajar bila hal ini membuat orang tua kewalahan untuk menentukan pilihan. Nah, ada baiknya Moms memahami terlebih dahulu informasi lengkap berikut ini. Apa saja sih, yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih asuransi pendidikan untuk buah hati? Simak selengkapnya!

Apa Itu Asuransi?

Definisi asuransi menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah perjanjian antara masyarakat yang memegang polis asuransi selaku pihak pertama, dengan perusahaan penyedia jasa asuransi sebagai pihak kedua. Pihak pertama berkewajiban membayar secara rutin sejumlah premi yang sudah disepakati. Sedangkan perusahaan asuransi selaku pihak kedua, berkewajiban untuk memberikan sepenuhnya jaminan pengganti risiko kerugian, kerusakan, kematian, dan kehilangan kepada keluarga pembayar iuran asuransi, bila terjadi musibah yang menimpa pihak pertama.

Ingin Memilih Asuransi Pendidikan untuk si Kecil? Pahami Hal Ini Dulu, Moms!

Mengenal Asuransi Pendidikan Anak

Asuransi pendidikan anak adalah produk asuransi yang diapat dimanfaatkan oleh orang tua sebagai sarana tabungan biaya pendidikan anak untuk jangka panjang. Dengan kata lain, perusahaan asuransi sebagai pihak penanggung akan membayarkan uang pertanggungan (klaim) dari tabungan asuransi tersebut apabila orang tua selaku pemilik asuransi meninggal dunia, di saat anak masih harus menyelesaikan pendidikannya. Dengan begitu, anak tidak terbebani secara finansial dan tetap bisa melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi.

Mengenal Asuransi Pendidikan Anak
baca juga

Macam-macam Asuransi di Indonesia

Jenis asuransi dikelompokkan sesuai dengan fokus dan kebijakan risiko yang ditanggung. Tujuannya, tak lain untuk mengantisipasi potensi kerugian serta menetapkan tingkat premi, sesuai dengan jenis asuransi. Berikut macam-macam layanan jasa asuransi di Indonesia:

•    Asuransi jiwa
•    Asuransi kesehatan
•    Asuransi kendaraan
•    Asuransi kepemilikan rumah dan property
•    Asuransi bisnis
•    Asuransi umum
•    Asuransi kredit
•    Asuransi kelautan
•    Asuransi perjalanan
•    Asuransi pendidikan

Macam-macam Asuransi di Indonesia

Manfaat Asuransi Pendidikan

Tingginya inflasi biaya pendidikan setiap tahun, menjadi pertimbangan utama untuk memiliki asuransi pendidikan bagi si Kecil. Agar hal ini tidak membebani kondisi finansial Moms dan Dads, milikilah tabungan asuransi pendidikan. Hal ini bertujuan sebagai langkah antisipasi agar pihak asuransi dapat menyediakan dana yang dibutuhkan oleh si Kecil untuk mencapai jenjang pendidikan setinggi mungkin, terlepas dari apapun situasi yang dapat terjadi di masa depan. Sebaiknya, daftarkanlah asuransi pendidikan anak sejak dini, agar jumlah premi yang harus Moms dan Dads bayarkan setiap bulan pun lebih ringan. 

Manfaat Asuransi Pendidikan
baca juga

Program Asuransi Pendidikan Prudential

Prudential telah lama dikenal sebagai perusahaan penyedia layanan jasa asuransi pendidikan yang dapat diandalkan di Indonesia. Ada dua basis layanan asuransi pendidikan yang ditawarkan, yaitu PRUlink edu protection dan PRUlink syariah edu protection.
Kedua produk ini dirancang untuk memberikan manfaat perlindungan asuransi jiwa agar perencanaan keuangan dan biaya pendidikan anak tetap terjamin jika terjadi musibah di masa depan, seperti orang tua meninggal dunia, mengalami sakit kronis, atau menderita cacat total.
Selain itu, PRUlink edu protection juga menawarkan manfaat bulanan berupa dana tunai yang dapat digunakan untuk membiayai pengeluaran rutin dan penunjang pendidikan formal seperti biaya ekstrakurikuler (kursus) hingga anak berusia 18 atau 25 tahun. 

Program Asuransi Pendidikan Prudential

Menyiapkan dana asuransi pendidikan hanyalah satu dari sejumlah kontribusi yang Moms dan Dads dapat tunjukkan untuk mendukung sepenuhnya cita-cita yang si Kecil impikan. Yuk mulai pertimbangkan untuk mencari asuransi pendidikan terbaik untuk anak!