Secara medis mencukur rambut bayi ketika ia lahir tidak mempengaruhi pertumbuhan rambut si kecil. Namun, mencukur rambut bayi dapat dilakukan dengan tujuan agar rambut si kecil kelihatan lebih rapi. 

Mencukur rambut bayi harus dilakukan dengan hati-hati. Karena kondisi kepala bayi yang baru lahir masih sangat rentan. Tengkorak bayi yang baru lahir biasanya belum terbentuk secara sempurna, sehingga memilih alat cukur rambut bayi yang tepat menjadi sangat penting. 

Sebelum Memilih Alat Cukur untuk Si Kecil, Perhatikan Hal Penting Berikut Ini!

Untuk mencukur rambut bayi, Moms bisa menggunakan alat cukur rambut bayi manual atau alat cukur biasa yang dijual di pasaran. Hanya saja, Moms harus memperhatikan kebersihan dan kondisi alat cukur.

Agar Moms dapat mencukur rambut si kecil dengan aman, perhatikan yuk langkah-langkah mencukur rambut si kecil berikut ini:

  1. Pastikan alat cukur bersih. Mom harus mencuci dan pakailah cairan alkohol untuk mensterilkan alat cukur. Keringkan alat cukur sampai benar-benar kering sebelum digunakan untuk mencegah kuman berpindah dari alat cukur ke bayi. 
  2. Untuk mempermudah proses mencukur, Moms sebaiknya membasahi rambut si kecil. Dengan begitu, rambut akan lebih mudah ditata dan Si kecil pun akan merasa lebih nyaman. Pasalnya, rambut yang basah mencegahnya menjadi kusut dan tertarik ketika disisir. 
  3. Cukur perlahan dari depan ke belakang atau ikuti arah tumbuh rambut. Hal ini untuk mencegah rambut tumbuh berdiri dan kasar. 
  4. Lap kepala bayi yang sudah dicukur dengan air hangat. Tahap ini dilakukan untuk membersihkan sisa-sisa rambut bayi yang dicukur. 
  5. Beri minyak kelapa pada kepala bayi. Setelah selesai proses mencukuri, oleskan minyak kelapa pada kepala bayi, agar bayi merasa nyaman. 
  6. Pastikan mencukur rambut bayi dengan hati-hati agar tidak melukai kulit kepala bayi. Ada baiknya mencukur rambut bayi saat si kecil dalam kondisi yang tenang, misalnya saat sedang tidur. 

Mencukur Dengan Alat Cukur Rambut Elektrik

Untuk anak yang lebih besar, Moms bisa menggunakan alat cukur rambut elektrik. Alat cukur ini kadang lebih jadi pilihan karena praktis dan mudah digunakan.

Salah satu merk alat cukur yang sering digunakan adalah philips. Alat cukur rambut philips memiliki keistimewaan yaitu sistem pisau comfortcut, kepala pencukur lentur 5-arah, aquatec basah & kering serta dilengkapi dengan pelindung kulit. Dengan demikian, penggunaan alat cukur ini menjadi lebih aman dan nyaman.

Mencukur Dengan Alat Cukur Rambut Elektrik

Namun, yang perlu diperhatikan, sebelum menggunakan alat cukur elektrik, sebaiknya Moms memotong dahulu bagian rambut si kecil yang masih panjang. Setelah itu baru dirapikan dengan menggunakan alat cukur elektrik. Hal ini untuk memudahkan Moms dalam mencukur dan juga agar hasil cukur akhir buah hati Anda akan lebih rapi. 

Jadi, sekarang sudah siap kan untuk mencukur rambut anak?