Berikut ini 5 jenis makanan sehat yang wajib dikonsumsi untuk memenuhi gizi ibu hamil:

1. Produk Susu
 


Dari mulai usia kehamilan 1 bulan sampai usia 9 bulan, susu menjadi makanan yang sangat bagus untuk dikonsumsi. Susu mengandung dua jenis protein berkualitas tinggi yakni casein dan whet yang diperlukan oleh ibu hamil. Selain itu, susu juga mengandung fosfor, vitamin B magnesium dan seng. 

Produk susu, terutama yogurt, adalah pilihan yang cocok untuk ibu hamil. Sebab, mengonsumsi yogurt sebagai makanan ibu hamil usia 3 bulan bisa memenuhi kebutuhan protein dan kalsium yang meningkat. Probiotik dalam yogurt juga dapat membantu mengurangi risiko komplikasi.

2. Salmon
 


Ikan salmon mengandung asam lemak dan omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan otak dan mata janin. Salmon menjadi makanan ibu hamil 3 bulan yang direkomendasikan untuk memenuhi nutrisi Omega 3 pada janin. 

Banyak ibu hamil yang mengurangi makanan laut karena takut akan merkuri yang terkandung pada makanan seafood. Faktanya, hasil penelitian menunjukan, ibu hamil yang makan 2-3 ikan berlemak mampu memenuhi asupan Omega 3 yang direkomendasikan dokter dan mampu meningkatkan kadar EPA dan DHA dalam darah mereka. 

Salmon adalah salah satu dari sedikit sumber alami vitamin D, yang sering kurang dalam makanan. Sangat penting tubuh karena membantu kesehatan tulang dan kekebalan tubuh.
source: https://www.healthline.com/nutrition/13-foods-to-eat-when-pregnant#section4

3. Sayuran Hijau
 


Brokoli, kale, bayam dan beberapa jenis sayuran hijau lainnya mengandung nutrisi yang berguna untuk ibu hamil. Kandungan sayuran hijau seperti vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalsium, zat besi, folat dan kalsium bisa bermanfaat bagi pencernaan dan sistem kekebalan tubuh. 

Karena kandungan seratnya yang tinggi, sayuran menjadi makanan ibu hamil 6 bulan yang dapat membantu mencegah sembelit, yang merupakan masalah yang sangat umum di kalangan ibu hamil.

4. Alpukat
 


Alpukat merupakan buah yang kaya akan manfaat sebab mengandung asam lemak tak jenuh. Selain itu, Alpukat juga kaya akan serat, vitamin B, vitamin K, kalium, tembaga, vitamin E dan vitamin C.

Karena tingginya kandungan lemak sehat, folat dan potasium, alpukat merupakan pilihan yang cocok untuk makanan ibu hamil muda. Lemak yang sehat membantu membangun kulit, otak dan jaringan janin Moms, dan folat dapat membantu mencegah cacat pada janin. 

5. Kacang-kacangan
 


Kelompok makanan ini termasuk lentil, kacang polong, kacang-kacangan, buncis, kacang kedelai dan kacang tanah. Kacang-kacangan adalah sumber serat, protein, zat besi, folat (B9) dan kalsium yang sangat baik; semua yang dibutuhkan tubuh lebih banyak selama kehamilan. Folat adalah salah satu vitamin B (B9). Sangat penting untuk kesehatan ibu dan janin, terutama selama trimester pertama.

Jenis kacang-kacangan ini juga sangat cocok menjadi makanan ibu hamil 9 bulan sebab bisa membantu proses produksi ASI.