Congklak

Kamu masih ingat papan dengan lubang-lubang dan kerang-kerang kecil yang digunakan untuk mainana yang satu ini. Ya, congklak. Mainan yang satu ini memang merupakan salah satu mainan tradisional anak perempuan yang sangat bermanfaat untuk diajarkan pada anak. Dengan memainkan mainan ini, anak dapat belajar untuk teliti dan berlatih berhitung dalam hati untuk memenangkan permainan. 

source: http://juanmarliyahadi.blogspot.com/2015/10/permainan-congklak.html

Bola Bekel

Selanjutnya, kamu juga pasti sudah tidak asing dengan mainan yang terdiri dari bola karet dan biji-bijian besi yang satu ini. Bola bekel memang menjadi salah satu permainan favorit anak-anak perempuan zaman dulu. Mainan ini juga ternyata sangat bermanfaat untuk meningkatkan ketangkasan, respon, serta konsentrasi anak.

source: http://rumahceritaanak.com/mengingat-kembali-10-permainan-tradisional-masa-kecil/
baca juga

Lompat Karet

Rindu dengan permainan lompat karet? Ajaklah anak perempuanmu untuk bermain bersama. Mainan ini merupakan mainan yang tidak mahal alias sangat murah. Kamu hanya perlu membuat tali panjang dengan susunan gelang karet yang dikaitkan dengan simpul satu sama lain. Permainan yang satu ini juga bermanfaat untuk melatih konsentrasi dan motorik anak. 

source: http://rasaindonesiaasli.blogspot.com/2015/09/permainan-populer-pada-masa-dahulu_15.html

Engkle

Terakhir, kamu juga dapat mengajak anakmu untuk bermain engkle bersama. Permainan yang satu ini dimainkan dengan cara membuat pola kotak-kotak untuk dilewati dengan cara melompat. Yang membuatnya lebih menantang, kamu harus dapat melompat dengan hanya satu kaki.

source: http://mainananakjawa.blogspot.com/2014/12/permainan-tradisional-yang-mendunia_2.html

Untuk memainkannya, kamu dapat membuat gambar kotak-kotak di halaman rumahmu atau menggunakan lantai keramik rumah yang sudah dibatasi. Tapi jangan khawatir, jika kamu menginginkan arena yang lebih aman, kamu dapat membeli karpet engkle yang lembut untuk anak. Mainan ini sangat pas untuk melatih gerak motorik dan keseimbangan anak. 

Nah, itulah empat mainan tradisional yang dapat kamu ajarkan kepada anak perempuan kamu. Tidak ada salahnya kan melestarikan budaya dengan mengajarkan anak permainan ibunya saat kecil?