Namun, bila Moms memiliki risiko dan tindakan berupa bedah caesar yang sudah direkomendasikan oleh dokter, artinya itu adalah keputusan terbaik untuk membuat kelahiran lebih aman bagi ibu dan bayi. 

Pertimbangan Sebelum Melahirkan
Dua jenis proses melahirkan, yakni normal maupun caesar memang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Bila ingin tahu cara melahirkan secara normal, ibu hamil harus mempersiapkan diri secara fisik, mental serta rencana yang matang sejak hamil. Nah, ada beberapa tips melahirkan normal lancar dan cepat:

  • Kehamilan tidak mengalami kelainan
  • Motivasi dan berikan sugesti positif diri sendiri untuk melahirkan secara normal
  • Pahami risiko melahirkan secara normal
  • Pahami kondisi tubuh saat butuh tindakan medis

Selain memahami bagaimana cara melahirkan normal dengan mudah, dilansir dari parents.com, yuk ikuti panduan di bawah ini cara melahirkan normal tanpa dijahit
 

Preserve your can-do attitude by surrounding yourself with natural birth success stories. Cut negative feedback off politely but immediately.
source: https://www.parents.com/pregnancy/giving-birth/vaginal/dos-and-donts-of-natural-childbirth/

1. Memilih tenaga ahli
Pilihlah tenaga ahli dan dokter atau bidan yang mendukung proses persalinan secara normal. Pastikan sang dokter mengetahui riwayat kehamilan moms ya.

2. Meminta dukungan orang terdekat
Dukungan orang tua, suami dan saudara bisa menjadi penyemangat ibu dalam menjalani proses persalinan. Memohon doa dan meminta maaf atas kesalahan juga menjadi jalan kemudahan ibu dalam melahirkan buah hati.

3. Menyiapkan fisik dan mental
Sebelum melakukan persalinan normal, persiapkan fisik dan mental ya Moms, jangan sampai Moms kecapekan karena sangat berbahaya untuk janin dan diri sendiri.
 


4. Berendam di air hangat
Salah satu cara membuat diri rileks dan tenang adalah dengan berendam di air hangat
 
5. Berjalan sesering mungkin
Untuk mempercepat adanya proses pembukaan, Moms disarankan untuk berjalan sesering mungkin. Pastikan jalannya tidak terlalu terburu-buru ya Moms.

6. Selalu bersugesti positif
Aura dan sugesti positif juga bisa mempercepat proses lahiran secara normal.

7. Jangan mengejan
Sebelum proses pembukaan lengkap, usahakan jangan mengejan terlebih dahulu agar melahirkan normal tanpa dijahit. 

Nah untuk Moms yang ingin melakukan persalinan, berikut ini gambar proses melahirkan secara normal sebagai ilustrasi. 
 

Itu dia tips dan trik melahirkan secara normal. Rasa melahirkan normal memang melelahkan dan membutuhkan proses yang panjang, namun proses pemulihan juga lebih cepat. Selamat menyambut buah hati, Moms!