1. Airasia Indonesia

Keberadaan maskapai Airasia yang berbasis di Indonesia memberikan syarat kepemilikan saham investor lokal minimal 50 persen berdasarkan hukum di Indonesia. Pihak Airasia sendiri memiliki saham 49 persen Airasia Indonesia dan investor lokal  memiliki saham 51 persen.
 

source: https://upload.wikipedia. org/

Rute penerbangan yang ditawarkan maskapai ini meliputi banyak tujuan. Untuk rute nternasional, ada ke Singapura-Medan, Padang- Singapura, Manado-Malaysia dan puluhan rute internasional lainnya. Sementara rute lokal yang ditawarkan di antaranya Bali, Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Surabaya, Lombok, Semarang, Palembang, Balikpapan, Solo, dan lainnya

2. Airasia Check in

Sebelum perjalanan dilakukan, untuk memudahkan serta membuat nyaman perjalanan sebaiknya lakukan web check in terlebih dulu sehingga tidak membuat Moms tergesa-gesa saat di bandara. Dengan melakukan self check in, siapapun bisa memilih tempat duduknya dimana tersedia tempat duduk standar atau tempat duduk populer hot seats (Airasia) atau kursi premium (Premium Flatbed) atau tempat duduk ekonomi (Airasia X), atau tempat duduk di zona tenang dengan layanan pilih kursi.

source: https://airasia.com/

Penerbangan low cost carrier seperti Airasia memberlakukan sistem random dalam menentukan tempat duduk.  Meski demikian, maskapai ini memberikan kesempatan penumpangnya untuk memilih tempat duduk yang diinginkan saat booking dengan membayar sejumlah nominal per kursinya. Pilihan tersebut tentu sangat cocok bagi Moms yang berpergian sekeluarga.

Beberapa tips yang bisa dilakukan:

  • Pilih tempat duduk saat booking dengan memilih kursi yang diinginkan, apakah hot seat berharga mahal atau kursi standar berharga murah. Sesuaikan dengan kenyamanan masing-masing Moms.
  • Kalau tidak sempat membeli kursi saat booking, alternatif yang bisa dilakukan gunakan menu Modify My Booking untuk membeli kursi sebelum check in. Menu ini juga bisa memesan makanan yang harganya lebih murah dibandingkan membelinya di atas pesawat.
  • Solusi lainnya, Moms bisa menggunakan web check in, mobile atau mesin check in sebagai alternatif membeli kursi. 
     
baca juga

3. Airasia Check in Baggage

Agar penerbangan yang dilewati berlangsung nyaman, salah satu yang perlu diperhatikan yakni urusan mengurus bagasi. Dengan memilih terbang menggunakan Airasia, maka ada aturan tertentu yang perlu diketahui. Tidak seperti  maskapai lain, Airasia tidak memberikan jatah bagasi check in secara cuma-cuma, terkecuali para pemilik tiket kelas Premium Flex. 

source: https://forum.lowyat.net/

Jika Moms pembeli tiket paket hemat (value pack), jangan lupa untuk membeli bagasi secara terpisah atau pada saat  melakukan pemesanan dengan biaya tambahan. Setiap bagasi check in
ukurannya tidak boleh melebihi 319 cm total untuk tinggi+panjang +lebar serta beratnya tidak boleh melebihi 32 kg. Adapun berat bagasi yang disediakan dan bisa dibeli sebelum penerbangan yakni untuk domestik dan internasional ada 15 kg, 20 kg, 25 kg, 30 kg, dan 40 kg.
 

4. Kursi Gratis Airasia 2018

Kursi gratis Airasia merupakan program promosi Airasia kepada tamu dimana tamu tersebut hanya dikenakan baya pajak bandara untuk bisa terbang ke destinasi impian. Intinya, Airasia akan menggratiskan base fare yang dibebankan.


 

source: http://heldatravel.com/

Kursi gratis Akhir Tahun Airasia 2018 sudah berlangsung pada 11 November lalu. Biasanya, Airasia selalu mengadakan promo Kursi Gratis yang ditawarkan setiap tahunnya. Bahkan, dalam setahun promo yang diadakan Airasia bisa lebih dari sekali. Pantengin terus ya Moms!

baca juga

5. Cara Mendapatkan Kursi Gratis Airasia

Promo Kursi Gratis dari Airasia menyediakan 5 juta Kursi Promo untuk destinasi internasional. Walaupun tidak semua destinasi gratis tetapi harga yang ditawarkan dalam promo ini dijamin enggak bikin dompet tipis. Untuk mendapatkan promo Kursi Gratis Airasia, caranya
sangat mudah. Cukup log in ke akun BIG di airasia.com.

Berikut cara lengkapnya:

  • Buka website Airasia.com atau aplikasi Airasia.
  • Log in ke akun BIG kamu dan cari penerbangan ke luar negeri untuk periode terbang yang diinginkan.
  • Pilih destinasi impianmu.
  • Jika kamu menggunakan kartu kredit untuk membayar Kursi Gratis, ada fitur BigClick yang memudahkan transaksi pembayaran. Cukup simpan detail kartu pada fitur BigClick dan ikuti langkah yang diinstruksikan.
  • Cek pajak bandara yang harus kamu bayar dan bersiaplah terbang ke destinasi impian.
  • Untuk mengecek apakah sukses mendapatkan kursi gratis atau tidak, setelah memilih destinasi dan tanggal terbang, intip detail harga yang tertera. Akan tertera base fare dan jika harganya nol, berarti selamat karena kursi gratis Airasia berhasil didapatkan.
source: https://i.ytimg.com/

Tips Berburu Kursi Gratis Airasia:

  • Siapkan laptop, komputer, atau smartphone dan pastikan koneksi bagus. Sangat disarankan jaringannya bisa 4G.
  • Stand by lebih awal kurang lebih dua jam sebelum jam promo dibuka. Persiapkan fisik yang baik karena berburu kursi gratis Airasia bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk issued.
  • Rencanakan metode pembayaran yang digunakan sebagai alat transaksi. Mengingat jumlah kursi gratis terbatas, biasanya jika sudah ada yang issued 3 sampai 4 kali maka harga akan otomatis berubah karena seat promo habis. Cobalah untuk notice 3-4 seat saja yang paling murah per 1 trip untuk mendapatkan peluang lebih besar.
  • Rencanakan destinasi yang dituju dan tanggal keberangkatan.
  • Mulailah mengecek rute promo penerbangan dan periode terbangnya di mana bisa cek di airasia.com.
Perlu diketahui, kursi gratis Airasia yang hanya menyediakan pembayaran airport tax saja tidak ada di semua rute penerbangan. Kebanyakan rute kursi gratis Airasia yang ditawarkan yakni Singapura dan Malaysia dimana periode terbangnya bisa 6 bulan sampai 1 tahun ke depan. Untuk promosi tiket murah seperti ke Jepang, Thailand, Hong Kong dan lainnya bisa dimanfaatkan Moms karena harga yang ditawarkan memang lumayan murah. Mumpung ada promosi, tidak ada salahnya memanfaatkan liburan ke negara-negara tersebut. Selamat berburu tiket Moms!