Motivasi kerja adalah alasan yang mendorong seorang karyawan/pekerja untuk bekerja. Biasanya perusahaan juga akan ikut mendorong semangat dan motivasi kerja karyawannya dengan pemberian reward. Akan tetapi, cara seperti ini tidak selalu efektif untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan.

 

Motivasi Kerja Sedang Luntur? Ini Dia 5 Cara Efektif Mengembalikannya!

Motivasi sendiri terbagi menjadi motivasi internal dan eksternal. Motivasi intrinsik biasanya akan jauh lebih kuat dan bertahan dibandingkan motivasi ekstrinsik. Reward yang seringkali ditawarkan oleh perusahaan merupakan motivasi ekstrinsik bagi karyawan. Pemberian reward ini mungkin efektif pada awalnya, namun lama kelamaan motivasi yang hanya didorong oleh faktor eksternal akan lebih mudah luntur.
 

Meningkatkan Motivasi Internal

Apa saja yang termasuk dalam motivasi internal dalam bekerja? Motivasi internal bisa berupa nilai yang dianut oleh diri karyawan atau keinginan untuk mencapai satu kepuasan kerja tertentu. Motivasi semacam ini biasanya muncul dari dalam diri, sehingga lebih mudah dipertahankan. Lalu, bagaimana meningkatkan motivasi internal?
 

Meningkatkan Motivasi Internal
  1. Tanyakan pada diri apa tujuan Anda bekerja. Setiap orang memiliki tujuan yang berbeda dalam bekerja, ada yang ingin sekadar mencari uang, ada yang ingin mengaktualisasikan dirinya atau alasan lainnya. Hal pertama yang perlu Moms lakukan untuk membangun motivasi diri adalah apa sebenarnya tujuan Moms bekerja.
  2. Kenali penyebab motivasi turun. Motivasi biasanya turun akibat adannya sesuatu, bisa karena faktor kesehatan dan kelelahan, masalah dengan rekan kerja atau atasan serta stress dan load kerja yang berlebihan. Moms perlu meneliti dulu, apa sebenarnya yang menyebabkan motivasi bekerja Anda turun. Lalu carilah pemecahan masalahnya.
  3. Memulai pagi dengan baik. Motivasi kerja yang tinggi biasanya dibangun dari kondisi pagi hari. Moms perlu menumbuhkan motivasi kerja dipagi hari dengan memulai pagi Anda secara baik. Misalnya dengan bangun lebih pagi agar tidak tergesah-gesah ke kantor, memulai hari dengan olah raga ringan dan berdoa dan juga sarapan sehat dengan gizi seimbang.
  4. Bangun motivasi Anda dengan kata-kata penyemangat. Beberapa perusahaan menempelkan kata-kata motivasi kerja karyawan di dinding kantor untuk membangun semangat kerja. Cara seperti ini sebenarnya cukup efektif, karena menurut sebuah penelitian, ketika seseorang melihat dan membaca tulisan tersebut secara terus menerus, kata-kata tersebut akan tertanam di alam bawah sadar orang tersebut. Mungkin Moms bisa mengguakan cara yang sama di rumah, misalnya dengan menempelkan quotes-quotes  penyemangat di pintu lemari agar mudah terlihat saat Anda bersiap ke kantor.
  5. Seimbangkan kehidupan. Sebagai manusia, Moms tentu memiliki peran selain karyawan. Menyeimbangkan peran dan kehidupan itu penting, agar Moms terlepas dari perasaan stres dan jenuh. Saat motivasi Anda sangat turun, mungkin itu saatnya Moms mengambil cuti dan meluangkan waktu untuk liburan dengan keluarga sejenak. Agar pikiran dan tenaga Moms kembali fresh.

Motivasi terbaik harusnya datang dari dalam diri sendiri. Meskipun sangat wajar jika seseorang itu menjadi kurang bersemangat dalam berkerja, namun menjaga motivasi agar tidak terlalu terpuruk menjadi penting. Karena motivasi yang baik akan mendorong Moms untuk bekerja lebih baik dan bekerja dengan baik akan memberikan hasil kerja yang baik juga. Tetap semangat ya Moms!