Bumbu Sop Ayam
 

source: https://cooking.nytimes.com/


Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan jenis-jenis kuliner. Bahkan, untuk satu masakan, ada banyak resep yang dapat membuatnya berbeda satu sama lain. Salah satu yang juga memiliki banyak variasi adalah sop ayam. Untuk bumbu sop ayam, kamu akan menemukan beragam jenis resep dengan kombinasi bumbu yang berbeda. Yuk, coba intip variasi resep mana yang paling cocok dengan lidahmu sekeluarga:
 


Bumbu Sop Ayam Bening

Bahan-bahan:

  • 1/4 kg Ayam
  • 2 lembar Daun Salam
  • 1 ruas Jahe, geprek

Bumbu halus:

  • 1 siung Bawang Putih, cincang halus
  • Kaldu Ayam, secukupnya
  • 2 siung Bawang Merah, iris tipis
  • Daun Bawang dan Seledri
  • Wortel
  • Kembang kol
  • Lada Bubuk, secukupnya
source: https://www.vemale.com/


Cara membuat:

  1. Cuci bersih ayam, sambil panaskan air dalam panci hingga mendidih.
  2. Setelah itu, rebus ayam bersama daun salam dan jahe. Masak hingga ayam matang dan empuk.
  3. Pada wadah berbeda, panaskan minyak dan tumis bawang putih hingga warnanya kekuningan. Setelah itu, masukan tumisan bawang putih ke dalam rebusan ayam, aduk hingga rata.
  4. Tambahkan sayuran yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong, ditambah dengan lada bubuk dan kaldu ayam, masak hingga semua sayuran melunak dan matang.
  5. Sata sudah makan, angkat sop ayam dan sajikan dengan irisan daun bawang, seledri, serta bawang goreng.
     
baca juga


Bumbu Sop Ayam Kuning
 

source: https://cookpad.com/

Selanjutnya, untuk bumbu lain, kamu juga dapat membuat bumbu sop ayam kuning dengan menambahkan kunyit dalam bumbu halusnya. Caranya, kamu haluskan bersama bawang merah, bawang putih, kunyit, dan lada bersama-sama. Setelah itu tumis dan campurkan dengan rebusan ayam.
 


Bumbu Sop Ayam Klaten
 

source: http://pontianak.tribunnews.com/


Nah, berbeda lagi dengan resep sop ayam dari Klaten. Bumbu sop ayam Klaten ini menggunakan beberapa bahan-bahan tambahan pada bumbu tumisnya, seperti bawang putih, lada, jahe, daun salam, daun jeruk, dan serai. Selain itu, saat semua bahan tercampur, sop ayam klaten juga menggunakan kayu manis pada rebusan sop. Yummy!
 

baca juga


Bumbu Sop Ayam Pak Min
 

source: https://catatansiaveline.wordpress.com/


Salah satu sop ayam yang paling terkenal adalah Sop Ayam Pak Min. Sop ayam yang disajikan benar-benar terasa segar, gurih, dan menghangatkan. Kurang lebih, bumbu yang digunakan sama seperti sop ayam klaten pada umumnya. Tapi, jika kamu penasaran, mengapa tidak mencoba langsung ke gerainya?