Dalam acara ini, hadir tiga pembicara, yakni artis sekaligus ibu Acha Septriasa, Dokter anak dr. Tinuk Agung M, SpA (K) dan Parenting & Psikolog Expert Ajeng Raviando Psi yang punya pembahasan seru seputar “Pentingnya Mengenali Potensi dan Stimulasi di Usia Dini pada Si Kecil Agar Selangkah Lebih Maju”.
 
Beberapa hal yang perlu Moms perhatikan untuk mendukung si kecil tumbuh menjadi anak yang selangkah lebih maju antara lain adalah:


Penuhi Kebutuhan Nutrisinya


Kebutuhan nutrisi si kecil tentunya berbeda dengan kebutuhan nutrisi orang dewasa. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, pastikan Moms memberi anak nutrisi macro yang terdiri dari karbohidrat, protein dan lemak, serta nutrisi micro yang terdiri dari vitamin dan mineral. Anak yang terpenuhi kebutuhan nutrisinya akan ditunjukkan dengan pertumbuhan tinggi dan berat badannya setiap bulan sesuai dengan standar yang ada.

baca juga


Kenali Potensi si Kecil Sejak Dini


Moms, mengenali potensi anak sejak dini sangatlah penting untuk dilakukan. Untuk menemukan potensi anak yang tersembunyi, Moms dapat mendeteksinya dengan 6 cara berikut ini:

  • Peka dan jeli dengan kemampuan anak
  • Pahami jika bakat dan minat memiliki bidang yang sangat luas, bukan terbatas pada ilmu pasti saja
  • Selalu lakukan observasi terhadap hal yang menarik perhatian anak
  • Eksplorasi minatnya lebih mendalam
  • Pilih satu atau dua potensi yang paling menonjol, lalu bantu anak untuk mengembangkannya
  • Kembangkan bakat anak, bukan bakat atau keinginan orang tua
 
Lalu bagaimana cara memberikan stimulasi tepat untuk jadikannya selangkah lebih maju?
Moms dapat membantu si kecil untuk mengembangkan keterampilan dasarnya terlebih dahulu. Enam jenis keterampilan fundamental yang perlu dikuasai si kecil antara lain adalah:
  1. Motorik Halus: Kemampuan dalam menggenggam benda-benda kecil
  2. Keterampilan Fisik: Kemampuan dalam penggunaan otot yang lebih besar
  3. Keterampilan Interaktif: Kemampuan sosial dan emosional si kecil, dapat dilihat dengan cara bermain dan belajar menggunakan bahasa tubuh dan kata-kata
  4. Keterampilan Kognitif: Memahami suatu hal dan memecahkan masalah, dapat dilihat dengan cara memberikan pengalaman baru saat bermain.
  5. Keterampilan Kreatif: Menciptakan sesuatu sesuai dengan imajinasinya, dapat dilihat dengan cara memberikan anak kesempatan dan kebebasan berkreasi, mengekspresikan ide melalui musik, gerak, dan lain sebagainya.
  6. Keterampilan Verbal: Keterampilan dalam komunikasi menggunakan bahasa atau secara lisan, dapat dilihat dengan cara membacakan cerita, mengajak si kecil bicara dan mendengarkan celotehnya.


Positive Parenting


Bukan hanya anak yang perlu belajar untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya. Moms juga perlu belajar ilmu parenting agar dapat mendukung tumbuh kembang si kecil. Salah satu ilmu yang bisa Moms kembangkan adalah Positive Parenting, yakni proses mengasuh yang dapat menerapkan disiplin efektif namun tetap menciptakan interaksi yang menyenangkan antara anak dan orangtua.
 
Untuk bisa menerapkan positive parenting, ada 5 kiat yang bisa Moms lakukan, yakni:

  1. Jadilah panutan yang baik
  2. Kenali perkembangan anak
  3. Luangkan waktu berkualitas dengan rutin
  4. Beri dukungan, tunjukkan penghargaan, dan fokus pada perilaku
  5. Berikan konsekuensi logis
 
Agar hubungan orangtua dan anak lebih dekat, Moms juga perlu menciptakan komunikasi dua arah yang efektif. Selalu ajak anak berdiskusi dan biarkan ia menyampaikan pendapatnya. Selain itu, pastikan Moms memberi nasihat dengan bahasa yang mudah dipahami si kecil agar tidak menimbulkan makna yang keliru.
 
Moms dapat membantu si kecil menjadi pribadi yang lebih berkualitas di masa depan. Tapi ingat ya Moms, untuk mengaktivasi potensi kecerdasan si kecil, ada 3 kunci yang perlu Mom pahami, yakni:
  • Setiap anak menjalani proses dan pengalaman berbeda
  • Setiap anak memiliki kecerdasan dan potensi untuk sukses serta meraih cita-cita
  • Jalani identifikasi potensi anak dengan bahagia

 
Jangan lupa untuk selalu memberikan asupan bernutrisi seimbang dan stimulasi keterampilan si Kecil untuk menggali potensi dan bakatnya ya, Moms! Kunjungi Website One Step Ahead dan ikuti testnya untuk bantu Moms mengenali potensi si Kecil.