Satuan berat adalah ukuran yang digunakan dalam menunjukan berat (misalnya gram atau kilogram), sedangkan nilai satuan adalah jumlah angka yang menunjukan berat itu sendiri. Angka yang diperoleh dari rumus berat ini nantinya akan menjadi indikator apakah kondisi berat Moms saat ini sudah ideal. Pengertian massa dan berat terkadang memang membingungkan karena kemiripannya. Untuk penjelasan pada ulasan di sini, kita akan membahas bobot tubuh dengan terminologi berat ya, Moms. 

Ketahui Berat Badan Ideal Sesuai Usia Kehamilan: Normalkah Kenaikan Berat Badan Moms?
source: https://www.babycentre.co.uk

Bertambahnya berat badan ibu ketika hamil tentunya juga dipengaruhi oleh bertambahnya berat badan bayi. Namun,  selain berat ibu dan bayi, berat air ketuban, plasenta, payudara, peningkatan volume darah dan sebagainya juga berpengaruh terhadap bertambahnya berat Moms saat hamil. 
 

Lalu, Bagaimana Mengetahui Berat Badan Ideal Saya Saat Hamil?

Sebagai patokannya, Moms bisa melihatnya dari penjelasan berikut:

  1. IMT di bawah 18,5 (berat badan di bawah normal), kenaikan satuan berat badan yang disarankan sekitar 12,7 – 18,1 kg.
  2. IMT sekitar 18,5–22,9 (berat badan normal), kenaikan satuan berat badan yang disarankan sekitar 11,3 – 15,9 kg.
  3. IMT di atas sekitar 23 (kelebihan berat badan), kenaikan satuan berat badan yang disarankan 6,8 – 11,3 kg.
  4. IMT di atas 25 (obesitas), kenaikan satua berat yang disarankan sekitar 5,0 – 9,1 kg.
Lalu, Bagaimana Mengetahui Berat Badan Ideal Saya Saat Hamil?
source: http://www.healthtransformation.net

Biasanya pada trisemester pertama, kenaikan berat badan berkisar antara 0,5 – 2 kg. Kemudian berat badan akan bertambah setiap minggunya berkisar 0,4 – 0,59 kg (untuk berat badan di bawah normal), 0,36 – 0,45 kg (untuk berat badan normal), 0,23 – 0,32 kg (untuk berat badan berlebih), dan 0,18 – 0,27 kg (untk berat badan obesitas) sampai dengan trisemester ketiga.

baca juga
Lalu, Bagaimana Mengetahui Berat Badan Ideal Saya Saat Hamil?
source: https://www.endocrineweb.com

Untuk lebih amannya, Moms sebaiknya rutin memeriksakan kandungan ke dokter atau bidan setiap bulan. Agar kesehatan Moms dan janin bisa terpantau. Karena kenaikan berat badan yang terlalu signifikan atau justu kenaikan berat badan yang stagnan, bisa jadi pertanda adanya gangguan atau sesuatu yang salah pada kehamilan Moms.