1. Cara Pakai Tespek Biasa

Seiring kemajuan zaman, beragam tespek sudah banyak tersedia di pasaran. Moms bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan tentunya. Bagi yang memilih tespek biasa yakni berbentuk strip, disarankan untuk tidak terburu-buru membuka kemasan agar tidak merusak strip di dalamnya. Bukalah kemasan ketika Moms siap melakukan tes kehamilan.

Cara pakai tespek biasa ini tidaklah terlalu sulit. Pertama, buka kemasan dengan perlahan dan pastikan tidak ada yang rusak terutama strip yang akan digunakan. Kemudian, celupkan strip tersebut selama 5 hingga 10 detik ke wadah yang berisi urin. Pastikan tidak melewati garis yang tertera pada strip. Setelah 10 detik, angkat strip tersebut dan lihatlah hasilnya. Jika garis dua berwarna pink muncul artinya menandakan positif hamil. Kalaupun hasil garisnya samar, misalnya garis pertama jelas dan garis kedua samar, jangan dulu khawatir. Selama garis yang muncul dua garis, kemungkinan besar Moms tetap positif hamil. Sementara kalau hasilnya garis satu menandakan Moms belum hamil. 
 

1. Cara Pakai Tespek Biasa
source: https://img.webmd.com/
Celupkan strip tersebut selama 5 hingga 10 detik ke wadah yang berisi urin. Pastikan tidak melewati garis yang tertera pada strip. Setelah 10 detik, angkat strip tersebut dan lihatlah hasilnya.
source: https://img.webmd.com/

2. Cara Memakai Test Pack Digital

Jenis tespek lainnya yang bisa dipilih yakni test pack digital di mana tespek ini memang harganya lebih mahal dari tespek jenis lainnya tetapi Moms bisa menggunakannya berulang kali hingga baterai habis. Cara memakai test pack digital sangatlah mudah. Pertama, keluarkan alat tes dari kemasannya kemudian lepaskan plastik baterainya. Pegang alat dengan posisi tip penyerap dan mengarah ke bawah. Lalu rendam lebih dari setengah tip penyerap dalam urin selama 10 detik atau tip penyerap langsung di bawah aliran urin selama 5 detik. Kemudian bukalah penutup dan letakkan alat baca pada permukaan yang rata dengan posisi layar menghadap ke atas. Pada model terbaru, terdapat petunjuk yang menginformasikan kata Yes = hamil dan No = tidak hamil.
 

2. Cara Memakai Test Pack Digital
source: https://imageserve.babycenter.com/
baca juga

3. Cara Menggunakan Tespek Andalan

Cara pakai tespek Andalan yang merupakan tespek sekali pakai ini tidaklah jauh berbeda dengan tespek biasa. Bukalah kemasan terlebih dahulu dan celupkan daerah strip hingga batas strip yang ditentukan ke dalam wadah yang berisi urin selama 10 detik. Angkat dan tunggu hasilnya sekira 1-3 menit. Jika positif hamil maka akan muncul 2 garis tegas bewarna merah. Tunggu kembali sekira 5 menit jika hasil menunjukkan negatif. 
 

3. Cara Menggunakan Tespek Andalan
source: https://tokopedia.com/

4. Cara Pakai Tespek Aximed

Tespek Aximed merupakan tes ujikehamilan yang cepat, mudah, akurat dengan harga terjangkau dimana bisa dibeli secara offline atau di toko-toko online. Cara pakai tespek Aximed yakni pertama-tama bukalah kemasan plastik dan jangan sentuh area pengujian pada strip. Kemudian celupkan strip dalam wadah berisi urin selama 30-60 detik. Hasil tes akan terlihat dalam waktu 1-5 menit dengan tingkat akurasi 99,9 persen. 
 

4. Cara Pakai Tespek Aximed
source: https://tokopedia.net/
baca juga

5. Video Cara Menggunakan Tespek

Agar mendapatkan hasil akurat ketika menggunakan tespek, selalu utamakan untuk membaca petunjuk yang tersedia ke dalam kemasan tespek. Ikuti tata cara pakai tespek agar tingkat keakuratan hasil cukup tinggi. Hindari untuk membaca hasil tes terlalu cepat. Tunggulah waktu kurang lebih 2-5 menit karena setiap produk berbeda petunjuk pemakaiannya. Terpenting, lakukan tes di pagi hari karena urin di pagi hari memiliki konsentrasi paling pekat dan mengandung hCG lebih tinggi dari waktu lainnya. Simak video berikut ini sebagai panduannya agar cara pakai tespek membuahkan hasil akurat.

youtube:v1iZ2_e8jb0
source: https://www.youtube.com/watch?v=v1iZ2_e8jb0
Cara Melakukan Tes Kehamilan Yang Benar
Hindari membaca hasil tespek terlalu cepat. Tunggulah waktu kurang lebih 2-5 menit karena setiap produk berbeda petunjuk pemakaiannya. Terpenting, lakukan tes di pagi hari karena urin di pagi hari memiliki konsentrasi paling pekat dan mengandung hCG lebih tinggi dari waktu lainnya.
source: https://www.youtube.com

Nah, jangan sampai salah lagi ya Moms memakai tespek saat cek kehamilan. Dengan cara pakai tespek yang benar maka hasil akurat pun didapatkan.