Daftar Menu MPASI 7 Bulan

Untuk memudahkan pemberian menu MPASI 7 bulan pada buah hati setiap harinya, Moms bisa membuat daftar menu MPASI untuk kebutuhan selama sebulan. Hal ini untuk memberikan panduan saat ingin menyuguhkan menu MPASI 7 bulan pada buah hati tercinta. Buatlah tabel sederhana menu MPASI 7 bulan yang berisi waktu pemberian MPASI kepada buah hati dimana berisi jadwal hari kemudian jadwal menu lengkap dari pagi, siang dan sore serta snack yang mungkin diberikan. Lengkapi juga kolom keterangan dimana berisi info apakah bayi ada alergi dengan bahan makanan tertentu yang diberikan, dan sebagainya.

Daftar Menu MPASI 7 Bulan
source: https://www.smababy.ie/

Resep MPASI Bayi 7-8 Bulan

Setelah bayi mengonsumsi asupan bubur di awal masa MPASI-nya, di usianya yang beranjak besar ini, Moms bisa memberikan makanan yang lebih variatif. Resep MPASI bayi 7-8 bulan bisa diisi dengan pengenalan buah, sayuran dan sumber protein yang baru. Berikut ini beberapa resep MPASI yang bisa dicoba.

Sup Krim Ayam

Bahan:
1 dada ayam tanpa tulang dan kulit
1 cangkir ASI/susu formula
1/2 sdt tepung maizena

Cara Membuat:
1. Hilangkah kulit, lemak dan sisa-sisa tulang pada ayam. Cuci bersih, potong dadu.
2. Rebus ayam selama 10 menit atau sampai ayam matang. Angkat dan tiriskan. Simpan kaldu.
3. Masukkan ayam, tepung, dan kaldu dalam blender. Haluskan. Gunakan kaldu untuk mengencerkan adonan hingga kekentalan yang diinginkan.
4. Tim adonan sampai matang. Tambahkan ASI/susu formula saat ingin disajikan.
 

Resep MPASI Bayi 7-8 Bulan
source: http://www.madeformums.com/
baca juga

Menu MPASI 7 Bulan Sederhana

Memberikan asupan pada buah hati memang perlu disesuaikan dengan kebutuhan bayi. Tidak perlu ribet dengan berbagai bahan karena Moms bisa memilihkan menu MPASI 7 bulan sederhana untuknya. Hal terpenting, perhatikan kandungan nutrisinya agar dapat memenuhi kebutuhan gizinya. Moms bisa memberikan menu seperti bubur beras merah, ayam kampung, brokoli dan kaldu ayam. Ada juga menu oat, hati ayam, kacang merah, brokoli, dan kaldu. Semuanya bisa dicoba dan disesuaikan dengan kebutuhan si kecil Moms. Salah satu resep berikut dapat dicoba Moms.

Bubur Susu Labu Kuning

Bahan:
100 gr labu kuning, cuci bersih, kupas, potong bentuk dadu
60 sdm ASI/susu formula

Cara Membuat:
1. Kukus potongan labu kuning hingga matang.
2. Masukkan potongan labu kuning ke dalam blender. Tuang ASI/susu formula dan blender hingga lembut. 
3. Tuang bubur ke dalam mangkuk dan sajikan.
 

Menu MPASI 7 Bulan Sederhana
source: http://coconutcontentment.com/

Menu MPASI 7 Bulan MPASI Rumahan

Menginjak usia 7 bulan, buah hati akan semakin banyak mencicipi variasi makanan. Ada banyak menu MPASI 7 bulan rumahan yang bisa dibuat sendiri di rumah sehingga Moms tak perlu khawatir akan kandungan gizinya. Contoh bubur bayi yang bisa dibuat sendiri di rumah yakni bubur buah apel (dikukus lalu dihaluskan), bubur wortel (dikukus, dilumatkan lalu disaring), bubur beras merah, dan lainnya. Berikut ini resep yang bisa dijadikan referensi.

Pure Ubi Salmon

Bahan:
50 gr salmon fillet
1 buah tomat yang sudah dibuang bijinya
50 gr daging ubi manis, cuci bersih

Cara Membuat:
Kukus salmon fillet, tomat, dan ubi manis hingga matang. Setelah itu, haluskan ubi, tomat, dan salmon menggunakan blender. Sajikan.
 

Menu MPASI 7 Bulan MPASI Rumahan
source: http://cdn.shopify.com/
baca juga

Menu MPASI 7 Bulan Menurut WHO

Memberikan MPASI 7 bulan berdasarkan panduan WHO sangatlah mudah sekali karena bayi boleh mengonsumsi apa saja dari menu meja makan keluarga. Namun, hal yang harus diperhatikan yakni frekuensi MPASI, jumlah takaran MPASI, tekstur MPASI, jenis makanan, respons bayi dan higienitas. Untuk bayi usia 6-9 bulan, selain asupan ASI, makanan MPASI juga penting diberikan secara bertahap yakni 2-3 sdm bertahap hingga 125 ml dimana waktu makan dibagi antara 2-3 kali makan dan 1-2 kali makanan selingan. Menu MPASI 7 bulan sebaiknya dibuat dengan disaring dan tekstur makanan lumat dan kental.

Menu MPASI 7 Bulan Menurut WHO
source: https://www.babycenter.com