Kriteria rumah impian memang bisa saja tidak sama untuk setiap keluarga. Tidak tergantung dari besar kecilnya rumah yang di tempati, mahal murahnya material yang digunakan, mewah tidaknya furnitur yang ada di rumah. Sebab, di era seperti ini, desain rumah minimalis yang minim furnitur, tidak banyak warna dan tidak luas banyak digemari pasangan muda. Salah satu ciri rumah minimalis adalah tanpa banyak furnitur serta hiasan rumah tangga.

Meskipun masih banyak orang yang menilai desain rumah minimalis memiliki ciri bentuk rumah yang sederhana. Tetapi jika dilakukan dengan seni keindahan dan tata ruang letak yang benar, rumah minimalis menjadi terlihat luas dan indah. 

Ada banyak desain rumah adat yang bisa dijadikan inspirasi lho Moms, seperti:

  • Rumah Adat Jawa Tengah
  • Rumah Adat Papua
  • Rumah Adat Aceh
  • Rumah Adat Sumatera Barat

Berikut ini inspirasi untuk Moms yang menginginkan desain rumah minimalis dengan sentuhan tradisional seperti rumah adat. 

Salah satu ciri khas rumah adat Jawa Tengah adalah memiliki desain unik di bagian gentengnya. Jika Moms ingin memadukan desain rumah joglo khas Jawa Tengah dengan gaya minimalis, bisa mencoba style desain seperti ini. Menggunakan nuansa warna coklat dan orange bata, tidak meninggalkan gaya minimalis yang kekinian namun nuansa khas rumah Joglo tetap terasa.

foto: rumahminimalisexpo.blogspot.com


Selain bentuk genteng yang sepert gunung, ciri khas Rumah Adat Jawa Tengah adalah pemakaian kayu di beberapa fondasi utama untuk menopang rumah. Nuansa kayu menampilkan unsur alami dengan elemen yang belum terfabrikasi. Sehingga kayu dan beberapa material dibiarkan memiliki tesktur permukaan kasar tidak melalui proses finishing. 

foto: newantiquehomedesign.blogspot.co.id


Dengan menggunakan desain tradisional klasik nuansa romantisme bisa didapatkan di dalam rumah yang nyaman lho Moms. Keteduhan warna membumi dengan furnitur yang minimalis berpadu menjadi desain yang selaras. 

Semoga terinspirasi ya Moms!