1. Belajar Membaca dan Menulis Anak TK

Di usianya yang masih dini dan belum memiliki banyak beban, anak TK biasanya lebih mudah menyerap apa yang diajarkan. Tips yang perlu dilakukan kenalkan kosakata baru setiap harinya sehingga dengan sendirinya tabungan kosakata yang dimiliki anak terus meningkat. Cara belajar membaca dan menulis anak TK sebaiknya dibarengi dengan memainkan imajinasi melalui cerita dan gambar-gambar sebagai media visual. Hal ini sangat efektif membantu mereka menyerap kosakata baru yang belum pernah didengar sebelumnya.

Tips berikutnya untuk memaksimalkan cara belajar membaca dan menulis anak TK yakni teruslah belajar dan praktikkan. Penting sekali bagi Moms untuk senantiasa mengajak anak untuk terus belajar dalam suasana yang cerita sambil mempraktikkan apa yang sudah diajarkan. 
 

1. Belajar Membaca dan Menulis Anak TK
source: https://d2sid734oryb.cloudfront.net/

2. Belajar Membaca dan Menulis Untuk Anak TK

Mengajar membaca dan menulis untuk anak TK memang dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan ya Moms. Jangan bosan untuk mengulang-ulang setiap waktu dan ciptakan suasana hangat dan menyenangkan di berbagai kesempatan. Beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan di antaranya kenalkan anak terlebih dahulu dengan bunyi bahasa. Moms bisa memberikan ia pemahaman akan suku kata yang mirip sehingga memudahkannya mengenal banyak kata yang memiliki bunyi akhiran sama.

Setelah itu, ajari anak dengan berbagai kosakata. Biasakanlah untuk berkomunikasi dan membacakan cerita untuknya sehingga ada banyak kosakata baru yang ia serap. Kemudian dampingi selalu buah hati dalam mengucapkan kata dan kalimatnya serta biasakan anak untuk menceritakan kembali isi cerita yang sudah Moms bacakan. Dari agenda tersebut, anak akan terbiasa memahami isi bacaan dan mematangkan logikanya dengan baik.
 

2. Belajar Membaca dan Menulis Untuk Anak TK
source: http://kidstoread.com/
baca juga

3. Belajar Membaca dan Menulis Anak TK

Sebelum mengajarkan membaca dan menulis anak TK, perkenalkan mereka terlebih dahulu dengan dasar-dasarnya. Moms bisa memulai dengan mengenalkan huruf abjad dan cara membacanya seperti apa. Kemudian, kenalkan juga anak dengan bentuk dari huruf abjad sambil mencontohkan anak menulis huruf abjad.

Setelah anak memahami huruf abjad, lanjutkan dengan mengajari anak membaca kata-kata yang sederhana. Moms bisa menggunakan nama-nama anggota keluarga ataupun nama benda-benda yang ada di sekitar rumah. Ajak anak untuk mempraktikkan membaca kata-kata tersebut dengan mengeja huruf per huruf dan barulah dirangkai menjadi kata. Agar menarik, lakukan pengucapan kata-kata tersebut sambil dinyanyikan. Lakukan cara ini secara berulang hingga anak akhirnya anak bisa mengucapkan sendiri kata per kata yang Moms berikan. Setelah itu, Moms juga bisa membarenginya dengan mengajari anak menulis. Caranya, buatlah garis titik-titik dari abjad dan kata-kata kemudian biarkan si kecil melengkapi garis tersebut. Ketika anak mulai lancar menebalkan huruf, lanjutkan dengan menebalkan kata dan biarkan ia menulis sendiri bentuk huruf dan kata sesuai kemampuannya.
 

3. Belajar Membaca dan Menulis Anak TK
source: https://i.ytimg.com/

4. Belajar Membaca Untuk Anak 5 Tahun

Setelah anak-anak memahami dasar dari membaca yakni mengenal abjad, cara belajar membaca untuk anak 5 tahun yang bisa dipraktikkan yakni mulailah dengan melatihnya membaca berbagai kata secara rutin setiap harinya. Moms bisa menggunakan alat bantu seperti buku latihan membaca yang banyak dijual di toko buku. Kemudian, buatlah suasana latihan membaca dengan menyenangkan. Moms bisa menyelingi latihan tersebut dengan permainan seperti tebak kata atau menyusun huruf. 

Selain itu, cara belajar membaca anak 5 tahun yang bisa dilakukan yakni memberikan mereka bacaan yang sesuai kegemarannya. Hal ini tentu akan membuatnya bersemangat untuk berlatih membaca. Sebagai tahap awal, Moms bisa secara rutin membacakan cerita-cerita kesukaannya. Biarkan anak menyerap cerita dan terbiasa dengan berbagai kosakata baru, kata-kata yang tersusun dalam kalimat dan sebagainya. Hal ini akan memudahkannya dalam belajar membaca dengan lancar nantinya. 
 

4. Belajar Membaca Untuk Anak 5 Tahun
source: https://s7.leapfrog.com/
baca juga

5. Cara Belajar Membaca

Membuat anak menyenangi proses latihan membaca memang perlu dikemas dengan cara yang menarik. Pertama, Moms perlu memahami minat anak sehingga Moms bisa menjadikan apa yang disukainya sebagai media untuk belajar membaca.

Cara lainnya yang bisa dilakukan ialah konsistensi. Lakukan latihan secara berulang setiap hari agar proses belajar membaca ini berkelanjutan. Meski demikian, Moms tetap harus memahami mood anak agar mereka tidak terpaksa dalam proses belajar tersebut. Jangan lupa, berikan pujian pada anak ketika mereka dapat membaca dengan baik. Selamat mencoba Moms!

5. Cara Belajar Membaca
source: https://familyeducation.com/