Agar tidak salah memilih cleanser untuk kulit kita, Moms harus tahu terlebih dahulu apa itu face cleanser.  Arti cleanser adalah produk yang digunakan untuk mengangkat kotoran wajah dengan baik. Jika cleanser yang digunakan memiliki formula yang gentle, Moms bisa bernapas lega karena tak akan menimbulkan masalah kulit baru. Berikut jenis-jenis cleanser yang bisa Moms pilih.

Facial Foam

Facial foam merupakan jenis cleanser dengan tekstur busa. Nah, facial foam inilah yang dapat mengangkat minyak, makeup, dan sunscreen pada kulit wajah secara maksimal. Cleanser bentuk ini sangat cocok untuk Moms yang memiliki kulit berminyak, karena ada beberapa facial foam yang dapat menyebabkan kulit Moms kering. Namun sekarang sudah banyak kok facial foam yang diformulasikan khusus untuk semua jenis kulit.
 

Facial Foam
source: http://reviews.femaledaily.com/products/cleanser/facial-wash/nivea/sparkling-white-facial-foam
baca juga

Gel Cleanser

Gel Cleanser adalah cleanser untuk kulit kombinasi. Seperti namanya, cleanser  ini berbentuk gel yang ringan tapi bisa membersihkan wajah secara total. Tidak hanya cleanser untuk jenis kulit kombinasi, gel cleanser juga dapat membantu Moms yang memiliki masalah pori-pori tersumbat. Jadi minyak pada wajah dan bakteri penyebab jerawat akan terangkat. Cleanser ini berguna untuk menyeimbangkan minyak pada kulit. Jadi buat Moms yang memiliki hobi berolahraga, Moms sangat disarankan untuk memilih Gel Cleanser sebagai pembersih wajah.
 

Gel Cleanser
source: https://www.cleanandcleararabia.com/products/deep-action/deep-action-refreshing-gel-cleanser

Cream Cleanser

Berbeda dengan kulit kombinasi, untuk Moms yang memiliki kulit kering, Moms bisa memilih Cream Cleanser sebagai cleanser untuk kulit kering. Cleanser jenis ini mengandung emulsi dan minyak alami yang efektif mengangkat kotoran pada wajah. Tidak hanya itu, cream cleanser juga dapat membersihkan makeup secara maksimal. Formulanya gentle dan hydrating sehingga cocok untuk Moms yang memiliki kulit kering.

Cream Cleanser
source: https://www.tokopedia.com/prettywoman-jkt/pond-s-cold-cream-cleanser
baca juga

Cleansing Oil

Cleansing oil merupakan pembersih wajah yang mampu menyerap minyak dan kotoran sekaligus. Tidak hanya itu cleansing oil juga mampu membersihkan makeup secara maksimal, sehingga cleanser ini sering digunakan sebagai first cleanser pada metod double cleanser. Cleanser ini juga mampu melembabkan kulit. Ingat ya, Moms. Saat memilih cleansing oil, pastikan produk ini bersifat non-comedogenic ya Moms, hal tersebut agar tidak menyumbat pori pori dan menimbulkan jerawat.
 

Cleansing Oil
source: https://www.sk-ii.com/women/super-premium-skin-care/facial-treatment-essence/sk-ii-facial-treatment-cleansing-oil/00730870307717.html

Jadi, jika Moms memiliki jenit kulit kombinasi. Moms bisa menggunakan gel cleanser sebagai produk pembersih wajah sehari-hari.