Keamanan berkendara tidak hanya perlu diperhatikan untuk orang dewasa, tetapi juga khususnya untuk anak-anak dan bayi. Jika orang dewasa bisa dengan mudah memakai seat belt sebagai pengaman, lain halnya dengan bayi. Bayi dan balita yang bahkan belum bisa duduk sebaiknya tidak digendong atau hanya dipangku saja ketika berada di dalam mobil. Salah satu barang yang wajib dimiliki oleh setiap orang tua untuk menjaga keamanan anak selama perjalanan di mobil yaitu car seat bayi dan anak.


Selain Untuk Keamanan, Car Seat Juga Menjamin Kenyamanan Si Kecil

Penggunaan car seat bayi atau dudukan khusus bayi di dalam mobil perlu menjadi kebiasaan setiap orang tua. Model kursi yang disesuaikan untuk si kecil ini nyatanya berguna tidak hanya untuk keamanan, tetapi juga untuk kenyamanan si kecil selama di perjalanan. Desainnya yang sesuai untuk tubuh bayi bisa menahan dan melindungi bayi, bahkan ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama berkendara. Dengan segudang manfaat ini, masih mau membiarkan bayi digendong dan merasa tidak nyaman di dalam mobil?
 

Pastikan Keamanan Maksimal Untuk Bayi dengan Car Seat. Begini Tips Penggunaannya!
source: https://www.walmart.com/


Tidak Hanya Untuk Bayi, Penggunaan Car Seat Juga Dianjurkan Untuk Anak-anak

The American Academy of Pediatrics (AAP) menemukan bahwa anak-anak mulai usia 4 tahun ternyata lebih aman menggunakan car seat (atau booster seat) dibandingkan seat belt di dalam mobil. Pasalnya, anak belum cukup tinggi dan sesuai untuk menggunakan seat belt atau sabuk pengaman, sehingga fungsi seat belt-pun belum maksimal untuk mereka. Dianjurkan anak mulai menggunakan seat belt antara usia 8 hingga 12 tahun, ketika tingginya sudah mencapai 1.2 meter.
 

Pastikan Keamanan Maksimal Untuk Bayi dengan Car Seat. Begini Tips Penggunaannya!
source: https://www.consumerreports.org/
baca juga


Tips Menggunakan Car Seat di Dalam Mobil

Bagi para orang tua yang belum familiar dengan penggunaan car seat, yuk simak beberapa tips dari para ahli berikut ini.

  • Tempat terbaik untuk memasang car seat adalah di kursi bagian tengah mobil, bukan di bagian depan (disamping pengemudi), dimana tidak ada air bag yang berpotensi mengembang dan melukai si kecil.
  • Gunakan car seat dengan posisi menghadap ke belakang, bukan ke depan, setidaknya sampai anak berusia 2 tahun. Posisi menghadap ke belakang ini merupakan posisi terbaik untuk mengurangi risiko cedera leher pada anak apabila terjadi kecelakaan.
  • Sesuaikan posisi dan sudut yang nyaman agar posisi bayi bisa lebih nyaman.
  • Jangan gunakan car seat sebagai pengganti boks bayi di rumah. Hanya gunakan car seat ketika melakukan perjalanan dengan mobil.
     
Pastikan Keamanan Maksimal Untuk Bayi dengan Car Seat. Begini Tips Penggunaannya!
source: http://www.parenting.com/