Ada banyak penyebab si kecil menutup mulutnya saat mau makan. Dilansir dari babyologist, berikut ini penyebab si kecil mengalami GTM.

Usia
Umumnya. yang mengalami GTM adalah bayi di bawah 1 tahun. Pada usia tersebut bayi terus menerus dalam proses belajar dan mencerna makanan karena adanya pergantian tekstur. Terutama bagi bayi 6 bulan yang mulai belajar makan, dari semula yang hanya mengonsumsi ASI atau susu formula, kemudian beralih mengonsumsi makanan dengan tekstur yang lebih padat, tentunya membutuhkan proses penyesuaian.

Rasa Makanan
Bayi yang sudah merasakan variasi makanan, cepat atau lambat biasanya akan mulai selektif dengan rasa makanan yang dikonsumsinya. Apabila dia menyukai makanan dengan rasa manis, maka terkadang dia akan cenderung menolak jika diberikan makanan dengan rasa asin atau gurih.
 


Jam Makan
Jam makan yang tidak pas juga dapat menjadikan bayi Moms melakukan GTM. Contoh, jam makan di saat jam anak mengantuk atau sudah terlalu lama terjaga. Atau jam makan yang terlalu dekat dengan jarak minum susu sebelumnya, sehingga bayi masih merasa kenyang.

Sakit / Tumbuh Gigi
Keadaan tubuh bayi yang sedang tidak sehat dan tidak fit juga bisa menyebabkan GTM. Fase tumbuh gigi juga bisa menyebabkan bayi malas mengunyah.

Tekstur Makanan
Terlalu cepat menaikkan tekstur makanan juga bisa membuat bayi malas mengunyah yang berujung GTM. Moms bisa membuat cemilan sehat untuk anak susah makan dengan menu yang mereka sukai.
 

Buat Moms Super Sibuk, Ini Ide Resep Cemilan Sehat untuk si Kecil!
Sangat wajar apabila bayi yang baru belajar makan mengalami GTM, bahkan dalam kurun usia 0-3 thn masih tergolong wajar jika mengalami GTM.
source: https://babyologist.com/blog/penyebabdantipsmengatasigtm-n543

Kalau sudah begini, maka Moms harus bisa menyiasatinya. Salah satunya adalah dengan memberikan finger food atau cemilan sehat. 

Nah, buat Moms yang ingin memberikan cemilan sehat untuk anak 1 tahun anti GTM, bisa coba resep stik kentang keju cocok jadi cemilan sehat untuk balita

Resep Cemilan Sehat Stik Kentang Keju 

Bahan:

  • 1/2 potong kentang ukuran besar
  • 1/2 potong wortel
  • 2,5 sdm tepung maezena
  • Daun seledri
  • Keju


Cara membuat:

  • Kupas bersih kentang, parut wortel, lalu cuci bersih keduanya, kukus 25-30 menit kalau sudah matang hancurkan kentang dan wortel dengan sendok.
  • Setelah itu tambahkan tepung maizena, seledri dan parutan keju sesuai selera. 
  • Jika sudah tercampur rata, bentuk adonan sesuai selera, lalu goreng sampai kuning kecoklatan. 


Selain untuk balita, stik kentang keju ini juga cocok jadi cemilan sehat untuk balita 10 bulan lho Moms! Bahkan bisa melatih sang bayi memakan makanannya sendiri dengan cara metode finger food. Stik keju kentang ini juga cocok jadi cemilan sehat untuk anak 3 tahun.

Selamat mencoba Moms!