Makanan yang Terlalu Manis

Makanan yang manis sangat disukai oleh anak-anak. Namun makanan yang terlalu manis jika dikonsumsi secara berlebih akan menimbulkan batuk pada anak. Permen, kue kering dan aneka cake adalah contoh beberapa makanan yang mengandung kadar gula tinggi. Kandungan gula buatan yang tidak baik ini jelas akan menyebabkan terganggunya kekebalan tubuh pada anak. Hindari juga mengkonsumsi susu coklat manis sebelum tidur ya.

source: https://food.detik.com

Makanan dalam Kemasan

Semua makanan dalam kemasan memang nikmat disantap selagi anak bermain. Sebagai teman dikala sennggang, orang dewasapun sangat menyukai makanan dalam kemasan. Namun sayangnya makanan dalam kemasan mengandung pengawet dan vetsin yang banyak. Kedua bahan inilah yang akan menyebabkan tenggorokan menjadi kering dan gatal. Jadi hindari makanan yang menjadi sumber penyakit batuk pada anak ya, ladies.

source: http://www.ceritadesain.com
baca juga

Gorengan

Semua gorengan pasti terlihat menggiurkan. Namun makanan yang terlihat enak ini ternyata juga dapat memicu batuk pada anak. Makanan yang digoreng mengandung akrolein, dimana zar ini dapat nmenyebabkan lendir pada tenggorokan dan tenggorokan menjadi gatal. Selain itu makanan yang digoreng namun tidak lekas disantap, makanan tersebut akan mengeras karena pengaruh udara.Makanan yang keras inilah akan menyebabkan tenggorokan menjadi kering. 

source: http://blog.primera52.co.id

Jajanan yang Tidak Bersih

Ada banyak penjaja makanan di depan sekolah yang menarik minat anak-anak. Cireng, otak-otak, pempek dan masih banyak lagi. Jajanan ini tentu tidak higenis, karena dijual di pinggir jalan tanpa ada pelindung makanan. Walaupun terlihat lezat, namun jajanan yang tidak higenis ini dapat memicu tenggorokan menjadi gatal, yang nantinya akan menjadi penyebab batuk pada anak.

source: http://wartakota.tribunnews.com
baca juga

Minuman Dingin

Usai melepas lelah setelah seharian belajar, biasanya anak-anak akan mencari jenis minuman yang dingin seperti es sirop, es cincau, es cendol maupun es krim. Memang hal yang wajar di tengah teriknya matahari, anak-anak ingin melepas dahaga dengan sesuatu yang segar. Suhu tubuh yang panas ditambah dengan mengkonsumsi sesuatu yang sangat dingin akan menyebabkan permasalahan pada saluran pernafasan. Tidak hanya jajanan di sekolah saja, namun jika daya tahan anak sedang turun ketika ia mengkonsumsi minuman dingin yang higenis sekalipun, tentu akan merangsang saluran pernafasan menjadi kering dan perih.

source: http://pedulisehat.info