1. Cara Senam Kegel yang Benar

Cara senam Kegel yang benar memang perlu dipraktikkan agar Moms dan Dads bisa merasakan manfaatnya secara maksimal. Ternyata, latihan ini bisa dijalani dengan berbagai posisi. Mulai dengan berbaring, duduk, berdiri, atau berjalan kaki. Kunci dari senam Kegel yang benar, merasakan otot-otot dasar panggul kita terlebih dahulu. Setelah kita dapat merasakan otot-otot ini, lalu kita mulai dengan mencoba menghentikan sensasi aliran kencing. Dengan kemampuan kontrol otot tersebut, kita dapat melakukan latihan Kegel kapan saja.
 

1. Cara Senam Kegel yang Benar
source: https://cdn.shopify.com/

2. Cara Senam Kegel Pria

Senam Kegel pada pria juga diawali dengan merasakan otot yang tepat. Setelah mampu merasakan otot-otot dasar panggul, Dads bisa mencoba berlatih menghentikan buang air kecil di tengah jalan, dan mengencangkan otot-otot yang membuat kiita tidak bisa buang gas. Manuver-manuver otot dasar panggul ini juga dapat dilakukan dalam posisi apa pun. Tetapi, akan lebih mudah dilakukan sembari berbaring. 

Langkah berikutnya, sempurnakan teknik yang dilakukan. Tambahkan durasi latihan pengcangan otot-otot dasar panggul Dads, dengan menahan kontraksi selama tiga detik, lalu kendurkan selama tiga detik. Cobalah beberapa kali berturut-turut. Bila otot sudah terasa menjadi lebih kuat, cobalah lakukan latihan Kegel sambil duduk, berdiri, atau berjalan.

Berikutnya ialah pertahankan fokus latihan. Untuk hasil terbaik, tetaplah fokus mengencangkan otot-otot dasar panggul saja selama latihan. Berhati-hatilah agar tidak melenturkan otot di perut, paha, atau bokong. Hindari menahan nafas. Sebaliknya, bernapaslah dengan lega selama latihan. Ulangi 3 kali sehari dan usahakan setidaknya 10 pengulangan setiap set-nya.
 

2. Cara Senam Kegel Pria
source: https://kegels.com/
baca juga

3. Cara Senam Kegel Untuk Wanita

Cara senam Kegel untuk wanita dimulai dengan merasakan otot-otot dasar panggul. Moms bisa merasakan otot ini, dengan mencoba menghentikan aliran kencing. Setelah dapat merasakan otot yang tepat, Moms bisa lanjut latihan Kegel kapan saja.

Setiap sesi latihan, lakukan kontraksi dan relaksasikan otot dasar panggul selama lima detik. Setelah Moms merasa lebih kuat, tambahkan panjang interval menjadi 10 detik. Untuk hasil terbaik, lakukan setidaknya tiga set latihan kegel setiap hari, dengan 10 kali pengulangan di setiap set.
 

3. Cara Senam Kegel Untuk Wanita
source: https://kegelexercisesite.files.wordpress.com/

4. Contoh Tata Cara Senam Kegel

Senam Kegel memang perlu dilakukan secara rutin, layaknya Moms dan Dads menyikat gigi. Kalian bisa melakukan satu set senam Kegel saat setelah buang air kecil untuk menyingkirkan beberapa tetes air seni terakhir. Kontraksikan otot dasar panggul, sebelum dan selama aktivitas apa pun yang memberi tekanan pada perut, seperti bersin, batuk, tertawa atau mengangkat beban. Bila Moms dan Dads kesulitan berlatih Kegel, jangan malu meminta bantuan dari dokter atau terapis yang dapat memberi saran terbaik untuk berlatih memperkuat otot panggul dengan benar.
 

4. Contoh Tata Cara Senam Kegel
source: https://image.winudf.com/
baca juga

5. Cara Senam Kegel Untuk Ibu Hamil

Untuk melancarkan persalinan, ibu hamil juga perlu mempraktikkan cara senam Kegel yang benar. Dengan rajin berlatih, Moms akan memiliki otot dasar panggul yang lebih kuat. Selain itu, Kegel juga dapat mempercepat penyembuhan luka di perineum (kulit antara vagina dan anus) dan mengembalikan kontrol dari kemampuan berkemih setelah melahirkan.

Cara senam Kegel yang benar adalah sebagai berikut:
1. Kontraksikan otot-otot di sekitar anus dan vagina secara bersamaan
2. Tahan sampai hitungan kelima
3. Lepaskan kontraksi otot secara bertahap
4. Istirahat sekira 10 detik sebelum memulai set selanjutnya
5. Ulang-ulang sesuai kemampuan 

5. Cara Senam Kegel Untuk Ibu Hamil
source: https://media.front.xoedge.com/