Sebelum mengetahui tentang prosedur klaim asuransi mobil, ada baiknya Moms mengetahui dulu jenis-jenis asuransi mobil. Di Indonesia sendiri, ada 2 penyedia asuransi mobil yang diklaim sebagai asuransi mobil terbaik, yaitu asuransi mobil ACA dan asuransi mobil Sinarmas. Perbandingan kedua asuransi tersebut tentunya bisa dilihat dari perbedaan besar premi dan coverage kerugian yang ditanggung pihak asuransi. Ada 2 jenis coverage kerugian oleh pihak asuransi, yaitu:

Bermasalah dengan Klaim Asuransi Mobil yang Ditolak? Ketahui Triknya Berikut Ini!
source: https://mitraasuransi.com
  1. Asuransi Total Lost Only (TLO). klaim asuransi dapat dilakukan jika terjadi ‘kehilangan total’, maksudnya adalah, kerusakan yang terjadi di atas 75% atau kehilangan karena pencurian atau pun karena perampasan di jalan raya atau di mana pun. Bila kerusakan yang dialami kurang dari itu, kamu tidak akan mendapatkan ganti rugi atas kerusakan. Patokan 75% diambil karena mobil dipastikan tidak dapat digunakan lagi. Kelebihan asuransi jenis ini adalah premi asuransi TLO lebih rendah dibandingkan dengan asuransi all risk.
  2. Asuransi Mobil All Risk. Pada jenis asuransi ini, pihak asuransi akan membayar klaim untuk segala jenis kerusakan, mulai dari kerusakan ringan, rusak berat, hingga kehilangan. Berbeda dengan TLO, lecet sedikit saja pada kendaraan, asuransi akan membayarkan klaim asuransi. Hanya saja asuransi mobil all risk pembiayaannya lebih mahal daripada TLO.

Prosedur Klaim Asuransi Mobil

Setelah mengetahui jenis asuransi mobil, Moms tinggal menentukan risiko apa yang sanggup kamu tanggung jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terhadap mobil. Karena prinsip asuransi memang demikian, di setiap aspek, Anda dalam keadaan rugi. Namun, dengan memiliki asuransi kerugian yang kamu tanggung akan lebih kecil dibandingkan jika mobil tidak diasuransikan.

Prosedur Klaim Asuransi Mobil
source: https://ekbis.sindonews.com

Jika dengan terpaksa mobil ternyata mengalami kerugian, entah itu kecelakaan atau kehilangan, kamu perlu segera melakukan klaim ke pihak asuransi. Adapun prosedur yang harus Moms ikuti ketika mengajukan klaim asuransi mobil, antara lain:

  1. Segera foto bagian yang rusak. Foto ini penting sebagai bukti saat klaim asuransi nanti.
  2. Siapkan dokumen. Sebelum mengajukan klaim asuransi mobil, ada beberapa dokumen yang perlu disiapkan, antara lain fotokopi polis asuransi, fotokopi SIM dan STNK dan Surat keterangan kepolisian (jika kendaraan rusak berat dalam kecelakaan parah).
  3. Datangi bengkel rekanan. Setelah berkas terkumpul, datangi bengkel rekanan dan bilang hendak klaim asuransi. Bengkel rekanan akan menghubungi perusahaan asuransi dan menyurvei kerusakan. Pastikan kalau bengkel tersebut benar-benar rekanan pihak asuransi, karena jika bukan, bersiaplah klaim akan ditolak pihak asuransi.
  4. Isi formulir. Saat berada di bengkel, kamu akan diberikan formulir klaim. Isilah formulir tersebut dengan sejelas-jelasnya dan sejujur-jujurnya. Jangan menganggap enteng detil-detil kejadian seperti jam berapa, nomor jalan, dan sebagainya. Lalu, jangan coba-coba berbohong, karena mereka pasti akan mengecek. Jikakamu menyembunyikan sesuatu dan ternyata pihak asuransi mengetahuinya, siap-siap klaim akan ditolak.
  5. Tunggu Hingga Dihubungi Pihak Bengkel. Umumnya, setelah prosedur administrasi selesai, kamu hanya perlu menunggu 2-3 hari atau maksimal 7 hari kerja untuk dihubungi pihak bengkel rekanan. Kamu juga bisa melakukan follow up  jika seandainya belum mendapat kabar selama jangka waktu yang telah ditentukan.
Jika ma u beritikad baik dan mengikuti prosedur dengan benar, seharusnya klaim asuransi tidak akan ditolak oleh pihak asuransi. Lakukan secara bijak dan jujur, jangan memanfaatkan hak mengklaim asuransi untuk kepentingan pribadi yang justru akan merugikan diri sendiri jika sampai ketahuan oleh pihak asuransi.