Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Alami

Membersihkan karang gigi tak melulu menggunakan bahan-bahan kimia. Banyak juga cara membersihkan karang gigi dengan cara alami seperti:

  • Menyikat gigi dengan buah yang kaya akan vitamin C seperti stroberi dan lemon. Gunakan buah tersebut sebagai pasta gigi dan sikatlah gigi seperti biasa. Bonusnya, gigi Moms juga akan terlihat putih.
  • Mengunyah campuran daun sirih dan cengkeh. Kedua hal ini sudah dipercaya turun-temurun bisa menghilangkan karang gigi.
  • Banyak mengonsumsi buah dan sayur serta air putih.

Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Kulit Jeruk

Tahukah Moms, jika kulit jeruk memiliki manfaat untuk menghilangkan karang gigi? Caranya, siapkan kulit jeruk segar. Gunakan bagian dalam kulit jeruk yang berwarna putih untuk menggosok gigi yang memiliki karang gigi. Akhiri dengan berkumur air hangat. Lakukan ini secara rutin setiap hari agar hasilnya segera terlihat.
 

source: https://www.naukrinama.com/stressbuster/wp-content/uploads/2017/03/orange-peel.jpg
baca juga

Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Garam

Cara membersihkan karang gigi dengan garam juga merupakan metode yang amat mudah. Caranya, cukup dengan mencampurkan 1 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, lalu aduk hingga larut. Selanjutnya gunakan air larutan garam ini untuk berkumur hingga mengenai seluruh area dalam mulut. Lakukan 3 kali sehari selama 1 menit. 
 

source: https://img.etimg.com/thumb/msid-62520156,width-643,imgsize-53317,resizemode-4/images.jpg

Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Baking Soda

Baking soda yang biasanya ada di dapur juga bisa untuk membersihkan karang gigi, lho, Moms. Campurkan baking soda dengan sedikit air hingga menyerupai pasta, lalu jadikan pasta ini sebagai pasta gigi. Gosok gigi seperti biasa dengan pasta baking soda ini. Jika gusi Moms tidak mengalami masalah, cara ini bisa dilakukan setiap hari hingga karang gigi menghilang.
 

source: https://s0.bukalapak.com/img/074330152/w-1000/baking%20soda%20jar_scaled.jpg
baca juga

Cara Membersihkan Karang Gigi di Dokter

Membersihkan karang gigi di dokter biasanya disebut dengan scaling. Sebelum melakukan scaling, Moms perlu memeriksakan kesehatan gigi terlebih dahulu pada dokter gigi. Prosedur yang biasa dilakukan adalah didahului dengan pemberian obat bius lokal dan antibiotik jika diperlukan. Selanjutnya dokter akan mulai membersihkan karang gigi yang biasanya menempel pada batas antara gusi dengan gigi. Nyeri, bengkak, bahkan gusi mudah berdarah biasanya dialami oleh orang yang baru saja melakukan scaling. Setelah itu, perlu menjaga kesehatan gigi dengan menyikat gigi secara rutin.
 

source: https://d3b3by4navws1f.cloudfront.net/shutterstock_137899769.jpg