Serba-Serbi Melahirkan Normal

Berbeda dengan c-section, melahirkan normal lebih standar persiapannya. Jika harus ke rumah sakit, Moms perlu mempersiapkan tas berisi perlengkapan ibu dan bayi, serta dokumen yang dibutuhkan seperti KTP dan KK ibu, serta kartu BPJS ibu dan bayi. Tak jarang rumah sakit juga sudah menyediakan perlengkapan ibu dan bayi, sehingga Moms tak perlu repot lagi membawa banyak barang.

Moms yang melahirkan normal, biasanya akan menjalani 1 atau 2 hari di rumah sakit. Tak perlu lama, karena proses kelahiran normal memang cenderung cepat. Setelah penanganan kelahiran hingga selesai, Moms hanya butuh beberapa waktu untuk pemulihan. Selebihnya, jika Moms sudah merasa baik-baik saja dan kuat untuk berjalan, biasanya akan diperbolehkan pulang.

Serba-Serbi Melahirkan Normal
source: https://www.pexels.com

Melahirkan Normal di Rumah

Melahirkan normal juga bisa dilakukan di mana saja, tanpa perlu pergi ke rumah sakit. Beberapa Moms memilih melahirkan normal di bidan terdekat agar lebih mudah dijangkau dan bisa pulang lebih cepat. Melahirkan di bidan biasanya hanya menghabiskan waktu sehari saja. Setelah proses persalinan, jika dirasa sudah kuat dan siap, Moms bisa langsung pulang.

Beberapa Moms yang lain malah mungkin berencana melahirkan normal sendiri, dengan bantuan bidan atau dokter yang dipanggil ke rumah. Moms tinggal mempersiapkan kamar dengan tempat tidur yang bersih dan tentunya harus nyaman. Jangan sampai Moms akhirnya merasa sesak atau gerah, sehingga jadi tidak nyaman dalam prosesnya nanti.
 

Melahirkan Normal di Rumah
source: https://www.pexels.com

Nah, selain di tempat tidur, Moms juga bisa melahirkan normal di air, seperti yang banyak diminati belakangan ini, tentunya tetap dengan bantuan bidan, dokter, atau ahlinya. Moms tinggal menyiapkan kolam protable yang ukurannya sesuai. Sediakan juga air hangat yang bersih. Akan lebih baik jika air hangat dimasak dari air mineral yang sudah terpercaya kebersihannya.

baca juga

Sensasi Seru Rasa Melahirkan Normal

Melahirkan normal ataupun c-section sebenarnya sama saja, Moms. Tak ada yang lebih buruk, karena keduanya sama-sama membuahkan kebaikan, kelahiran bayi yang dinanti-nantikan selama 9 bulan. Tak ada yang salah dengan c-section, karena perjuang seorang ibu melahirkan buah hatinya toh sama saja, sama-sama bertaruh nyawa.

Namun ada beberapa hal seru yang bakal dialami Moms yang memilih atau memang ditakdirkan untuk melahirkan normal. Moms bisa merasakan bagaimana si kecil berusaha mengeluarkan diri dari dalam perut, kontraksi yang harus dilewati, mengejan yang benar, kepala kecil yang keluar dari lubang vagina disusul plasentanya. Meski dalam pengaruh bius, Moms juga masih akan bisa merasakan saat dokter menjahit vagina.

Sensasi Seru Rasa Melahirkan Normal
source: https://www.pexels.com

Jangan khawatir Moms, karena luka yang dialami saat melahirkan itu bisa dengan mudah dan alami disembuhkan. Cukup dengan rutin menyusui dengan posisi duduk, itu akan membantu mempercepat kesembuhan lukanya. Sakit? Tentunya. Sama saja, sakit melahirkan normal maupun operasi, semua menyisakan luka yang digantikan dengan kebahagian tak terkira.