Makanan Bayi 6 Bulan Keatas

Sudah waktunya Moms koleksi resep makanan bayi 6 bulan yang bergizi untuk MPASI si kecil. Ada banyak resep sederhana dan mudah untuk bikin makanan bayi, tapi yang paling dianjurkan adalah olahan kuning telur, alpukat, daging, pisang, serta yogurt. Bingung bagaimana mengolahnya? Moms tinggal haluskan saja bahan yang diinginkan, lalu saring hingga lembut. Khusus untuk kuning telur, moms bisa coba resep berikut.

Bahan:

  1. 1 butir telur
  2. Secukupnya ASIP
  3. Secukupnya air (untuk merebus)


Cara memasak:

  • Rebus telur hingga matang, dinginkan.
  • Ambil bagian kuningnya, saring sampai halus
  • Tambahkan ASIP hingga kuning telur berbentuk bubur
Makanan Bayi 6 Bulan Keatas
source: https://www.pexels.com

Buah untuk Bayi 6 Bulan Keatas

Pada umumnya, bayi berusia 6 bulan sudah diperbolehkan untuk makan berbagai jenis buah-buahan. Moms bisa memberikan alpukat, pisang, pir, apel, stroberi, bahkan juga anggur. Semua buah bisa diberikan pada bayi, dengan syarat harus benar-benar halus. Setelah dihaluskan, untuk memastikan tidak ada gumpalan, moms bisa menyaringnya dulu dengan saringan paling rapat.

Demikian juga buah anggur untuk bayi 6 bulan, Moms tetap bisa memberikannya, dengan syarat harus benar-benar halus. Pastikan juga semua biji sudah terbuang, dan jangan mengupas kulitnya, Moms. Dengan mengupas kulit anggur, ternyata justru mengurangi manfaatnya. Antioksidan dan vitamin penting lain dalam anggur lebih banyak dikandung pada kulitnya.

Buah untuk Bayi 6 Bulan Keatas
source: https://www.pexels.com
baca juga

Jadwal Makan Bayi 6 Bulan Keatas

Sebelum memulai jadwal makan bayi 6 bulan keatas, Moms haru tahu dulu kebiasaan dan kebutuhan si kecil. Pada umumnya, mereka masih membutuhkan ASI sebagai sumber kalori utama. Dan di usia ini, si kecil biasanya menyusu sebanyak empat hingga enam kali dalam sehari, dengan jumlah masing-masing 180-240 ml. Di usia ini, Moms harus perhatikan, total jumlah susu yang dikonsumsi tidak boleh lebih dari 960 ml per hari.

Moms bisa mulai memberikan MPASI dua kali sehari, sekitar dua sendok makan ukuran bayi saja. Sebagai perkenalan, Moms bisa mencampurkan sedikit bubur MPASI dengan ASI atau susu formula (jika si kecil sudah minum susu formula). Takaran tersebut bisa ditingkatkan pelan-pelan, sampai si kecil benar-benar terbiasa. Moms bisa memberikan MPASI di jam yang teratur, saat si kecil sedang tidak lelah maupun lapar.

Jadwal Makan Bayi 6 Bulan Keatas
source: https://www.pexels.com

Yang Tidak Boleh Ada di Makanan Bayi 6 Bulan

Tidak semua bahan makanan yang tampaknya sehat, boleh dijadikan campuran untuk MPASI bayi 6 bulan lho, Moms. Ada beberapa bahan yang dilarang, tentunya karena alasan yang kuat.

Makanan Tinggi Nitrat

Beberapa bahan makanan yang mengandung nitrat tinggi memang tampak sehat, Moms. Namun ternyata dedaunan sayur seperti bayam, lettuce, buah beets, dan semacamnya itu tidak baik untuk bayi, karena memiliki kandungan yang saat dicerna di dalam perut bisa berubah jadi nitrosamin atau carcinogen, yang disinyalir dapat memicu sel kanker. Tunggu bayi berusia lebih dari 6 atau 8 bulan untuk memperkenalkannya pada sayuran.

Makanan Mengandung Asam

Bukan hanya orang dewasa yang tak baik mengonsumsi makanan mengandung asam yang berlebihan, bayi pun demikian. Ada beberapa makanan yang disarankan untuk dihindari dulu jika moms ingin membuat bubur MPASI untuk bayi 6 bulan. Tomat dan apapun yang punya rasa asam, sebaiknya baru dikenalkan di usia 9 bulan.

Pemanis Alami

Meskipun alami, tapi pemanis apapun itu memang sebaiknya dihindari dulu jika si kecil masih berusia 6 bulan. Gula, madu, sirup maple, atau apapun itu, baru boleh Moms berikan setelah bayi berusia setahun. Bahkan di usia setahun pun, Moms belum boleh memberikan pemanis secara berlebihan lho! Untuk pemanis bagi bayi 6 bulan, Moms bisa menambahkan buah-buahan saja.

Yang Tidak Boleh Ada di Makanan Bayi 6 Bulan
source: https://www.pexels.com