Dilansir dari verywellhealth.com, berikut ini bentuk kelainan pada kaki bayi 1 bulan yang bisa terdeteksi. 

1. Clubfoot
Clubfoot dikenal juga sebagai congenital talipes equinovarus (CTEV). Ini merupakan kelainan bentuk kaki dan pergelangan kaki, di mana posisi kaki bayi 1 bulan bengkok ke bawah dan memutar ke dalam. Pada saat lahir, ada bayi yang mengalami clubfoot sebagai imbas posisi di dalam kandungan.
 

Ada tiga jenis bayi lahir dengan clubfoot struktural:

  • Idiopatik
  • Neurogenik
  • Sindromik

Ketiga kondisi ini memang tidak mematikan, namun bisa menggangu tumbuh kembang anak. Jika anak mengalami clubfoot sebaiknya langsung konsultasikan ke dokter untuk melakukan tindakan yang tepat. 

2. Metatarsus Adductus


Kondisi ini sebenarnya hanya terjadi 1 sampai 2% dari semua bayi yang baru lahir. Biasanya terdeteksi ketika jari-jari kaki dan kaki depan bayi mengarah ke dalam, sehingga sulit untuk meluruskannya. Dalam kasus ringan, kondisi ini tidak mengubah ukuran kaki bayi 1 bulan. Namun, jika mengarah ke kondisi serius, bisa jadi penanganannya berupa gips, splint, atau sepatu korektif. 
 

However, it's important to understand the deformity to ensure appropriate treatment is being provided.
source: https://www.verywellhealth.com/foot-problems-in-newborns-babies-2549388

3. Congenital Vertical Talus


Kelainan pada kaki bayi baru lahir seperti congenital vertical talus ini bisa dilihat pada gambar kaki bayi 1 bulan di atas yang mirip seperti bagian bawah kursi goyang. Perawatan untuk kasus kelainan kaki ini mirip dengan perawatan untuk clubfoot yakni dengan melatih peregangan, gips, dan, jika perlu dilakukan operasi untuk memperbaiki kaki si kecil.

Semua kelainan kaki yang terjadi pada si kecil mulai bisa terdekteksi sejak lahir ya Moms. Jadi jika sang anak terlihat memiliki ciri-ciri yang kakinya seperti di atas sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter. Bila kondisi kaki bayi 1 bulan sering gemetar, Moms juga perlu memerhatikan beberapa sebab, karena sistem syaraf pada manusia ada di bagian kaki. 

Semoga informasi di atas bermanfaat ya Moms.