Buah Naga

Buah naga sangat kaya akan gizi dan beragam manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh. Buah ini juga merupakan pilihan yang baik sebagai makanan pendamping ASI atau MPASI si kecil. Tekstur buah naga yang lembut dan mudah ditelan sangat cocok untuk sistem pencernaan bayi. Buah naga juga memiliki kandungan air yang besar sehingga mampu memenuhi kebutuhan air dalam tubuh bayi terutama bagi bayi yang mulai bergerak aktif. Pemberian MPASI buah naga dapat mengatasi permasalahan dehidrasi, kulit kering, dan lain sebagainya. Selain itu buah naga juga memiliki kandungan gizi lain seperti karbohidrat, protein dan vitamin yang menunjang pertumbuhan bayi. Manfaat buah naga untuk anak selain untuk melawan flu dan batuk, juga meningkatkan kekebalan tubuh karena kandungan antioksidannya.

Enak dan Praktis, Ini Aneka Resep MPASI Buah Naga dan Manfaatnya untuk Bayi
source: http://www.herworld.co.id/gallery//teaser/790207c607a97e0511879912ee5f6133.jpg

Buah Naga Merah

Buah naga merah memiliki kandungan vitamin C, B1, B2, serta B3 yang sangat baik untuk proses pertumbuhan si kecil. Vitamin tersebut berperan besar untuk meningkatkan kekebalan tubuh, membantu proses metabolisme, menjaga sirkulasi darah, membantu pencernaan, merawat kulit serta menjaga fungsi otak. Bukan hanya itu, buah naga merah memiliki berbagai kandungan mineral, seperti kalsium yang membantu memelihara kesehatan tulang dan gigi, fosfor yang menjaga fungsi otak, memperbaiki sel tubuh yang rusak dan memelihara kesehatan ginjal, magnesium yang berperan menjaga kesehatan otot, saraf, dan detak jantung. Buah naga merah dapat diolah menjadi puree buah naga, bubur sumsum kuah buah naga, oat buah naga, puding buah naga, dan lain-lain. Buah naga merah juga dapat dicampurkan dengan buah lain sebagai variasi MPASI.

Enak dan Praktis, Ini Aneka Resep MPASI Buah Naga dan Manfaatnya untuk Bayi
source: https://i.ebayimg.com/images/g/sEkAAOSw~AVYoQ5g/s-l300.png
baca juga

Buah naga putih

Tidak jauh berbeda dengan buah naga merah, buah naga putih memiliki kandungan gizi yang serupa seperti karbohidrat, protein, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin, dan lain sebagainya. Buah naga putih juga memiliki khasiat yang baik untuk memelihara kesehatan mata dan membantu melancarkan pencernaan karena memiliki kandungan serat yang tinggi. Sama seperti buah naga merah, buah naga putih biasanya diolah menjadi puree, puding, bubur sumsum, juga campuran oat.

Enak dan Praktis, Ini Aneka Resep MPASI Buah Naga dan Manfaatnya untuk Bayi
source: http://www.muslimah.co.id/files/uploads/2018/01/dragon-fruit-is-also-called-pitaya-640x360.jpg

Buah naga kuning

Buah naga kuning masih belum begitu familiar di masyarakat karena memang cukup sulit ditemukan dan harganya yang cenderung lebih mahal. Kandungan gizi yang dimiliki buah naga kuning hampir sama dengan buah naga lainnya, vitamin C yang terkandung didalamnya membantu menjaga imun tubuh si kecil. Buah naga kuning ini juga dapat membantu menambah nafsu makan bayi dan membantu menjaga kesehatan kulit si kecil. Buah naga kuning jarang ditemukan di Indonesia, sehingga belum banyak diolah menjadi MPASI bayi. Sama dengan buah naga lainnya, buah naga kuning dapat diolah menjadi bubur, puree, puding, dan campuran oat.

Enak dan Praktis, Ini Aneka Resep MPASI Buah Naga dan Manfaatnya untuk Bayi
source: https://www.specialtyproduce.com/sppics/16142.png
baca juga

Buah Naga Hitam

Buah naga hitam merupakan buah naga yang lebih jarang ditemui dari buah naga kuning, karena memang tak banyak yang membudidayakan jenis buah naga ini di Indonesia. Buah ini memiliki ciri khas dengan warna daging buah yang hampir hitam meskipun kulit buahnya tetap berwarna merah. Manfaat dari buah naga hitam ini adalah meningkatkan sistem imun tubuh karena kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi sehingga mampu melindungi bayi dari penyakit.

Demikian manfaat buah naga dan aneka resep MPASI dari berbagai macam buah naga. Semoga bermanfaat ya, Moms!