Anyang-anyangan biasanya mulai dirasakan pada trimester pertama kehamilan dan semakin hebat rasanya saat kehamilan menuju trimester akhir. Beberapa ibu mengeluhkan seringnya buang air kecil ketika hamil, bahkan ada yang sampai tidak bisa merasakan keinginan buang air kecil dan mengompol. 

Anyang-anyangan ini bisa berlangsung selama masa kehamilan. Penyebab anyang anyangan yang berkepanjangan ini, selain kandung kemih yang tertekan rahim yang membesar, juga akibat adanya perubahan hormon. Perubahan hormon ini mengakibatkan ibu sangat rentan terkena infeksi saluran kemih. 

Ibu Hamil, Hati-Hati! Ini Cara Mengatasi Anyang-Anyangan Agar Tidak Terkena Infeksi Saluran Kencing
source: http://uricran.co.id

Ketika usia kehamilan lebih muda, cara menghilangkan anyang-anyangan pada ibu hamil ini masih cukup mudah. Cara mengatasi anyang anyangan saat hamil 6 bulan misalnya, cukup dengan banyak mengonsumsi air putih dan tidak menahan keinginan buang air kecil. Namun, ketika usia kehamilan lebih tua, cara mengatasi anyang anyangan pada ibu hamil tua lebih rumit. Karena ibu yang hamil tua lebih tinggi risikonya terkena infeksi saluran kencing atau ISK. 

Bahaya Infeksi Saluran Kecing pada Ibu Hamil

Bahaya Infeksi Saluran Kecing pada Ibu Hamil
source: https://tintanadaffa.wordpress.com

Jika ibu hamil mengalami ISK, tubuh Moms akan bereaksi dengan membentuk peradangan. Proses inflamasi atau peradangan menyebabkan tubuh memproduksi senyawa prostaglandin. Senyawa prostaglandin dapat membuat rahim berkontraksi kuat sehingga berisiko melahirkan bayi sebelum waktunya atau kelahiran prematur. 

baca juga

Lalu, Bagaimana Mengatasi Anyang Anyangan pada Ibu Hamil Tua?

  1. Banyak minum air putih, setidaknya, ibu hamil harus minum 6-10 gelas per hari. Untuk menambah semangat Anda dalam menambah cairan, Moms bisa mencampurkan madu atau potongan buah ke dalam air minum. 
  2. Mengatur posisi tidur, ketika hamil besar, posisi tidur bisa jadi menentukan kenyamanan dan kesehatan Moms. Tidur dalam posisi miring lebih disarankan oleh dokter, karena posisi ini lebih nyaman dan tidak menekan organ dalam. 
  3. Lakukan senam ringan. Tetap aktif ketika hamil adalah hal yang penting. Lakukan senam ringan untuk membantu mengatasi anyang anyangan.
  4. Menjaga organ kewanitaan tetap bersih. Gantilah pakaian dalam secara berkala dab keringkan area kewanitaan setelah buang air. Jangan lupa untuk menghindari celana yang terlalu ketat, yang membuat daerah kewanitaan Moms menjadi lembab. Daerah kewanitaan yang lembab, amat rentan menjadi tempat tumbuh bakteri dan jamur. 
  5. Tidak menahan buang air kecil. Kebiasaan menahan buang air kecil bisa membuat air seni tidak keluar secara tuntas ketika buang air. Air seni yang tertahan dalam saluran kemih adalah tempat yang subur untuk berkembang bakteri. 
Lalu, Bagaimana Mengatasi Anyang Anyangan pada Ibu Hamil Tua?
source: https://www.curhatbidan.com

Itulah 5 cara mengatasi anyang anyangan pada ibu hamil. Menjaga area kewanitaan saat hamil adalah hal yang penting. Lakukan 5 hal tersebut yang sebenarnya sangat sederhana dan Moms pun akan terhindar dari risiko terkena infeksi saluran kencing.