Air Lemon

Moms bisa mencampurkan air lemon dan baking soda untuk membuat kue mengembang sebagai pengganti baking powder. Air lemon memiliki sifat asam yang bila bertemu dengan baking soda dan menghasilkan gelembung karbon dioksida. 1 gram baking soda dan 2,5 gram air lemon sama dengan 5 gram baking powder. Namun Moms harus berhati-hati ya menambahkan air lemon dalam kandungan, karena terlalu banyak air lemon dapat mengubah rasa kue.

Air Lemon
source: https://www.viva.co.id/blog/kesehatan/941734-empat-manfaat-mengejutkan-lemon-campur-baking-soda

Ragi

Moms juga bisa menggunakan ragi sebagai pengganti baking powder dan baking soda alami. Ragi merupakan jamur yang dapat memfermentasi adonan kue, sehingga kue dapat mengembang dengan baik. Selain itu, ragi juga dapat menambah rasa dan memberikan aroma yang khas pada kue buatan Mommies.

Ragi
source: http://www.justtryandtaste.com/2011/06/bagian-ii-mengenal-baking-powder-baking.html
baca juga

Cuka

Sifat cuka yang asam sehingga memiliki tingkat keasaman yang sama dengan baking powder. Jadi Moms bisa menjadikan cuka sebagai pengganti baking powder. Setengah sendok teh cuka dan seperempat sendok teh baking soda sama dengan satu sendok teh baking powder lho, Moms.

Cuka
source: https://ilivedonce.wordpress.com/tag/baking-soda/

Putih Telur

Putih telur juga bisa lho Moms digunakan sebagai pengganti baking powder dan baking soda alami sekaligus. Hasil kocokan putih telur yang sudah mengeras akan menghasilkan banyak gelembung kecil pada adonan. Gelembung ini akan menghasilkan kue yang lembut dan empuk.

Putih Telur
source: https://mimicicicake.com/blog/bahan-pengganti-pengganti-baking-powder/
baca juga

Plain Yogurt

Plain Yogurt merupakan hasil dari fermentasi susu yang tingkat keasamannya berfungsi untuk mengganti baking powder. Satu sendok teh baking powder sama dengan setengah gelas plain yogurt dan seperempat sendok teh baking soda.

Plain Yogurt
source: https://www.webstaurantstore.com/pequea-valley-farm-6-oz-plain-yogurt-case/874PVF101.html

Baking soda dan baking powder merupakan sama sama bahan pengembang kue. Namun perbedaannya adalah pada bahan pembuatnya. Baking soda hanya terbuat dari sodium bicarbonate, karena itu baking soda hanya akan membuat kue mengembang jika dicampur bahan lain yang mengandung asam seperti telur, coklat, yogurt, madu, dan cuka. Dan setelah semua bahan tercampur dan adonan harus segera dimasukkan ke dalam oven setelah mengembang.

Sedangkan baking powder terbuat dari campuran sodium bicarbonate yang dicampur dengan bahan asam, karena itu baking powder tak perlu lagi dicampur bahan lain untuk membuat kue mengembang seperti baking soda.

Jika Moms ingin membuat packace untuk keluarga, Moms bisa kok menggunakan putih telur sebagai pengganti baking powder untuk pancake. Tidak hanya pancake saja, putih telur juga bisa digunakan sebagai pengganti baking powder untuk bolu kukus. Sedangkan pengganti baking powder untuk brownies Moms bisa menggantinya dengan baking soda.

Selamat mencoba ya, Moms.