Kulit sawo matang identik sebagai warna kulit orang Indonesia. Rupanya ada begitu banyak lho, keunggulan yang bisa kamu rasakan dengan memiliki warna kulit yang sedikit lebih gelap ini. Wah, kira-kira apa saja, ya? Yuk, simak penjelasan selengkapnya!

Warna Kulit Manusia 

Variasi warna kulit manusia sangat dipengaruhi oleh beberapa hal berikut ini.

  1. Pigmen Kulit. Pigmen adalah zat warna dalam kulit manusia. Jika melanin atau zat pigmen dalam tubuh seseorang terlalu banyak, maka warna kulitnya akan semakin gelap. Sebaliknya, jika melanin yang terkandung dalam tubuhmu sedikit, maka kulitmu pun akan tampak lebih cerah.
  2. Faktor Genetik. Ini juga sangat menentukan warna kulit seseorang. Jika orang tuamu memiliki warna kulit yang berbeda, maka bisa jadi Kamu akan mendapatkan warna kulit yang paling dominan diantara keduanya.
  3. Lingkungan Tempat Tinggal. Secara umum, orang-orang yang tinggal di negara 4 musim, akan memiliki kulit yang lebih cerah. Kok bisa? Ya, hal ini disebabkan, durasi paparan sinar matahari di negara 4 musim tidak sebanyak yang dialami oleh orang di negara tropis, seperti Indonesia. Paparan sinar matahari inilah yang cenderung membuat warna kulitmu lebih gelap.
Eksotis! Bersyukurlah Kamu yang Punya Warna Kulit Sawo Matang, Ini Kelebihannya!

Warna Kulit Indonesia

Sebenarnya apa saja sih tipe warna kulit orang Indonesia? Ternyata, bukan hanya didominasi oleh sawo matang saja, lho. Inilah 4 kriteria warna kulit yang paling banyak dimiliki oleh orang Indonesia. 

Putih
Berbeda dengan kulit putih orang Barat yang terlalu pucat atau berbintik (flackes), orang-orang berkulit putih di Indonesia memiliki warna kulit yang tampak terawat dan sehat merona.

Kuning Langsat
Inilah warna kulit paling khas yang menjadi simbol kecantikan wanita Indonesia. Warna kulit cerah dengan sedikit semburat kekuningan yang hangat ini, masih menjadi daya tarik tersendiri dari perempuan Indonesia.

Sawo Matang / Coklat
Warna kulit sawo matang, paling banyak dimiliki oleh orang Indonesia. Perpaduan warna kulit dari ras Mongoloid-Melayu ini tersebar di wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, Maluku, hingga Irian.

Hitam
Warna kulit hitam, banyak dimiliki oleh masyarakat di Timur Indonesia. Namun, jika dibandingkan dengan ras kulit hitam di kawasan Afrika, orang Indonesia memiliki warna kulit hitam yang lebih terang.

Warna Kulit Indonesia
baca juga

Manfaat Kesehatan Warna Kulit Sawo Matang

Ini dia 3 alasan kenapa kamu harus bangga berkulit sawo matang!

Orang berkulit yang berwarna sawo matang, memiliki tulang yang lebih kuat.
Mereka yang berkulit gelap atau sawo matang memiliki lebih banyak menyimpan kalsium dan vitamin D3 dari sinar matahari pada pigmen kulitnya. Dampak positifnya, risiko osteoporosis pada orang berkulit sawo matang pun, lebih sedikit. 

Orang berkulit sawo matang lebih tahan terhadap sinar UV.
Ini disebabkan, orang yang berkulit gelap memiliki lebih banyak melanin sehingga lebih tahan terhadap efek berbahaya dari sinar matahari misalnya mengalami luka bakar, penuaan dini, hingga kanker kulit. Meski begitu, bagi kamu yang berkulit sawo matang, harus tetap rajin memakai krim tabir surya ber-SPF rendah ya.

Orang yang berkulit sawo matang, memiliki sistem syaraf dan organ tubuh yang lebih sehat!
Kulit sawo matang kaya akan kandungan melanin. Menurut penelitian, sinar radiasi yang diserap oleh melanin akan diolah kembali menjadi energi, sehingga membuat sistem organ tubuh pemilik kulit gelap dapat bekerja lebih maksimal dan efektif dibandingkan mereka yang berkulit putih.

Manfaat Kesehatan Warna Kulit Sawo Matang

Warna Kulit Eksotis

Persepsi masyarakat tentang warna kulit sawo matang, kini mulai mengalami pergeseran. Tak sedikit juga lho, wanita yang melakukan segala hal demi mendapatkan warna kulit yang dianggap eksotis ini. Pasalnya, semakin banyak pria asing yang menganggap warna kulit ini begitu seksi.
Jadi, beruntunglah bagi kamu yang sudah mendapatkannya sejak lahir!

Warna Kulit Eksotis
baca juga

Macam-macam Warna Kulit dan Gambarnya

Inilah penggolongan warna kulit manusia berdasarkan pigmen melanin.

1.    Kaukasia

Tipe Kaukasia merupakan warna kulit yang sangat putih. Biasanya pemilik warna kulit ini, dianugerahi rambut coklat keemasan. Tipe kulit Kaukasia hanya mengandung pigmen feomelanin. Inilah sebabnya, kulit mereka cenderung menjadi kemerahan jika terpapar sinar matahari.

Macam-macam Warna Kulit dan Gambarnya
2. Kaukasia Mediterania

Secara umum, tipe kulit Kaukasia Mediterania juga memiliki kulit putih kemerahan, namun agak berwarna semburat kuning langsat. Bedanya dengan ras Kaukasia, tipe kulit Kaukasia Mediterania ini dapat sedikit menghitam jika terpapar sinar mentari.

Macam-macam Warna Kulit dan Gambarnya

3.    KauKasia dan Tiongkok

Ras Kaukasia dan Tiongkok didominasi oleh pigmen feomelanin, sehingga memiliki warna kulit putih kekuningan. Tipe kulit ini pun akan menjadi kemerahan dan berubah menjadi gelap kehitaman jika terlalu sering terkena sinar matahari.

Macam-macam Warna Kulit dan Gambarnya
4.    Malaysia

Tipe kulit Malaysia memiliki pigmen feomelanin yang lebih kecil dibandingkan dengan eumelanin, sehingga menghasilkan warna kulit kuning kecoklatan. Jika terpapar sinar matahari, tipe kulit ini akan berubah menjadi gelap dan menghitam.

Macam-macam Warna Kulit dan Gambarnya
5.    India

Pigmen eumelanin mendominasi tipe kulit India. Karena itu, wajar jika warna kulit mereka pun tampak coklat kehitaman. 

Macam-macam Warna Kulit dan Gambarnya
6. Negroid

Negroid merupakan tipe kulit berwarna paling gelap. Tipe kulit ini hanya memiliki pigmen eumelanin. Namun, manfaat dari eumelanin ini sangat baik untuk menangkal sinar ultra violet yang dapat mencetus kanker kulit. Studi menunjukkan, risiko kanker kulit lebih jarang terjadi pada bangsa yang kulit hitam di sejumlah negara tropis, seperti Asia, Amerika Latin, dan Afrika. 

 

Macam-macam Warna Kulit dan Gambarnya

Nah, sekarang jadi paham, kan? Warna kulit sawo matang justru sangat kaya akan manfaat yang luar biasa untuk kesehatanmu!