Menjadi Mommies Kanguru

Apa maksudnya menjadi Mommies Kanguru? Maksudnya adalah Mommies harus menggendong bayi prematur 7 bulan atau bayi prematur 32 minggu dengan menggunakan gendongan khusus agar kulit bayi tidak bersentuhan langsung dengan kulit Moms. Bayi akan mengenal aroma dan sentuhan Mommies sehingga dia akan nyaman jika berdekatan dengan Mommies.
 

Menjadi Mommies Kanguru
source: https://bulelengkab.go.id/detail/artikel/manfaat-perawatan-bayi-dengan-metode-kanguru-31

Perawatan kanguru ini memberi banyak manfaat seperti menjaga kehangatan tubuh bayi, membantu mengatur detak jantung dan pernapasan, membantu menenangkan bayi sehingga dedek bayi tidak mudah menangis, bayi akan tidur lebih nyenyak, meningkatkan produksi ASI, dan membantu meningkatkan kesehatan si bayi.

Moms bisa melakukan perawatan kangguru segera setelah bayi lahir. Namun, ada juga beberapa rumah sakit yang memiliki kebijakan untuk menunda perawatan kangguru hingga kondisi kesehatan bayi lebih stabil.
 

Perhatikan Posisi Tidur Bayi

Moms harus memastikan bayi Moms tidur dengan posisi terlentang, tidak miring ataupun tengkurap. Mengapa? Karena tidur dengan posisi terlentang dapat mengurangi risiko kematian mendadak pada bayi prematur 7 bulan. Moms mungkin akan sering bangun tengah malam untuk memastikan posisi tidur bayi Moms dengan benar.
 

Perhatikan Posisi Tidur Bayi
source: https://doktersehat.com/bayi-prematur-tidur-nyenyak/
baca juga

Jauhkan Bayi dari Orang Sakit

Hindarkan bayi Moms dari virus yang ditularkan oleh orang orang disekitarnya yang sedang sakit, termasuk Moms. Usahakan menggunakan masker ya Moms, agar bayi Moms tidak tertular. Selain itu jauhkan pula bayi Moms dari paparan asap kendaraan bermotor, asap pembakaran sampah, dan juga asap rokok. Karena hal ini akan berpengaruh pada paru-paru bayi prematur 32 minggu yang belum sempurna.
 

Jauhkan Bayi dari Orang Sakit
source: https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/pentingnya-menggunakan-masker-saat-flu/

Imunisasi

Imunisasi merupakan langkah yang sangat diperlukan untuk perawatan bayi prematur 32 minggu. Hal ini dapat melindungi bayi dari serangan penyakit seriuts. Jadwal imunisasi untuk bayi normal dan bayi prematur 7 bulan sebenarnya sama. Yang membedakan hanya pada imunisasi hepatitis B.
 

Imunisasi
source: https://hellosehat.com/parenting/kesehatan-anak/mengapa-anak-perlu-imunisasi/
baca juga

Perhatikan Jadwal Makan Bayi

Umumnya bayi prematur 7 bulan perlu menyusu lebih sering, sekitar 8-10 kali dalam sehari. Jangan memberikan jeda waktu menyusui ke waktu menyusui selanjutnya lebih dari 6 jam ya, Moms. Karena hal ini dapat mengakibatkan bayi kekurangan cairan.
 

Perhatikan Jadwal Makan Bayi
source: https://hellosehat.com/parenting/nutrisi-anak/porsi-makan-bayi/

Apabila bayi Moms sering gumoh setelah disusui, Moms harus tenang, karena hal tersebut normal normal saja selama berat badan bayi tidak berkurang. Biasanya dokter menyarankan pemberian makanan padat pada bayi prematur mulai bayi berusia 4-6 bulan. Tapi jangan memaksakan ya Moms, karena bayi prematur lebih lama menelan makanan dibanding dengan bayi dengan kelahiran normal.
 

Meski begitu, ada lho Moms keunggulan bayi prematur 7 bulan, yaitu bayi akan lebih cerdas ketika dia sekolah nantinya. Seperti studi yang dipublikasikan dalam JAMA Pediatrics menganalisis bahwa bayi yang lahir pada usia 25 minggu atau lebih, memiliki kemampuan yang hampir sama baiknya dengan bayi yang lahir tepat pada minggu kelahiran. Bahkan, 2 persen dari anak dengan kelahiran prematur menerima penghargaan dari sekolahnya.
 

Namun, kelahiran prematur tetap berisiko ya Moms. Biasanya resiko bayi prematur 32 minggu terdapat pada pertumbuhan otak bayi yang tidak sempurna. Faktor faktor penyebab kelahiran prematur memungkinkan menghambat pertumbuhan otak bayi baik selama dalam kandungan maupun setelah lahir.