Pada bulan Juli 2018 yang lalu, Sleek Baby, brand produk bayi yang dipercaya ibu Indonesia, meluncurkan kampanye “1000 Hari Perlindungan”. Kampanye ini merupakan edukasi mengenai pentingnya perlindungan menyeluruh di 1000 hari pertama kehidupan anak, mulai dari dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun.
 
Kelurahan Pluit yang ada di Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara menjadi lokasi yang dipilih. Pemilihan lokasi ini tentunya bukan tanpa sebab. Meski berada di kota besar, nyatanya masih banyak Ibu di Penjaringan yang belum menyadari pentingnya 1000 hari perlindungan bagi anak.

Menurut dr. Mulia Suryandari, MKM dokter Puskesmas Kecamatan Penjaringan, Koordinator P2P, secara garis besar, status gizi anak di Kelurahan Pluit sudah berada dalam kisaran normal, dengan berat badan (BB) yang baik. Tapi tetap saja masih ada sebagian anak yang berada di bawah garis merah (kurus), bahkan di bawah garis hitam (sangat kurus).
 
Selain faktor nutrisi, status kesehatan ini terjadi akibat kurangnya kesadaran ibu akan kebersihan. Moms perlu tahu, ada empat hal yang harus diberikan orangtua kepada anak dalam 1000 hari pertama kehidupannya, yaitu nutrisi, ASI eksklusif selama 6 bulan, stimulasi, dan kebersihan. Praktisi kesehatan dan Brand Ambassador Sleek Baby, dr. Lula Kamal, menyatakan tumbuh kembang anak bisa terganggu jika perlindungan 1000 hari pertamanya tidak sempurna.
 
Berdasarkan kondisi itulah, Sleek Baby mengadakan pemeriksaan, pelayanan, dan penyuluhan kesehatan kepada 1000 ibu di Kelurahan Pluit, Penjaringan. “Penyuluhan yang kami berikan pagi ini berisi tiga komponen yang harus diperhatikan yaitu nutrisi, kebersihan dan stimulasi, dengan penekanan pada kebersihan sesuai dengan kebiasaan yang ditemukan masih kurang baik di kelurahan Pluit ini,” jelas Lidwina Natalia, Brand Manager Sleek Baby.

Sebenarnya, menjaga kebersihan bisa dilakukan dengan memulai kebiasaan sederhana, seperti selalu mencuci tangan sebelum dan setelah makan, jangan memakan makanan yang tidak bersih, serta mencuci botol susu, peralatan makan, dan mainan anak dengan benar. Sebaiknya, gunakan sabun tangan dan pembersih piring yang food grade. Sehingga jika masih ada sisa pembersih yang belum terbilas sempurna dan tak sengaja tertelan oleh anak, tidak akan membahayakan kesehatannya.
 
Dalam kampanye 1000 Hari Perlindungan ini, setiap ibu di Penjaringan juga diminta untuk mengunggah satu pesan perlindungan untuk ibu lain. Setiap unggahan pesan berarti satu perlindungan untuk satu anak di kawasan ini.
 
“Melalui penyuluhan 1000 hari perlindungan ini, Sleek Baby berharap akan ada ilmu yang dibawa oleh para ibu dan ke depannya mereka mulai bisa membiasakan untuk selalu menjaga kebersihan keluarganya, sehingga angka gizi anak-anak di kelurahan Pluit bisa semakin baik,” harap Wina.
 
Senada dengan harapan Sleek Baby, Dr. Lula dan dr. Mulia berharap, edukasi serupa bisa berkelanjutan, dan dilakukan di RPTRA-RPTRA lain. “Memberikan nutrisi, stimulasi, dan menjaga kebersihan itu investasi untuk anak. Penting bagi orangtua untuk mengubah keadaan, dan akhirnya jadi perilaku yang dibawa setiap hari,” pungkas dr.Lula.