1. Ciri Hamil 1 Minggu Sebelum Haid

Tanda kehamilan yang paling sering muncul adalah telatnya periode haid, namun tanda kehamilan tersebut bisa muncul sebelum tanggal haid kamu datang. Ini dia ciri kamu hamil 1 minggu sebelum haid yang bisa kamu ketahui.
  • Nyeri pada pinggul
Nyeri pinggul ini rasanya sama seperti nyeri ketika otot syaraf kamu kecetit. Nyeri ini akan datang dan menghilang secara tiba-tiba. Nyeri yang kamu rasakan adalah efek dari dari adanya perubahan pada rahim setelah proses pembuahan sel telur. 
  • Kondisi tubuh yang mudah lelah
Tubuh mudah lelah saat mengerjakan hal-hal yang sebenarnya ringan bisa jadi ciri berikutnya. Lelah yang dirasakan berbeda dengan lelah yang biasanya terjadi. 
  • Rasa kurang nyaman pada area perut
Kamu akan merasa ada penekanan dibagian bawah serta terkadang juga akan mengalami kram yang terasa berbeda ketika dalam kondisi normal.
  • Rasa pusing
Selain mudah lelah, ibu hamil juga rentan terserang rasa pusing. Rasa pusing ini wajar karena ibu terkena anemia, pasalnya wanita yang sedang hamil aliran darahnya akan lebih banyak ke rahim ketimbang ke bagian otak.
 

2. Ciri Hamil 1 Minggu Sebelum Telat Haid

Tenyata gejala hamil juga bisa terlihat sebelum telat haid lho, agar kamu nggak bingung, ini beberapa tandanya.
  • Sering buang air kecil
Jika mau mengalami intensitas buang air kecil yang lebih sering, kamu patut curiga nih. Pasalnya tanda-tanda ini sering dialami oleh wanita yang sedang hamil. Sering buang kecil bisa terjadi karena pembesaran rahim yang menekan kantong kemih.
  • Mood swing
Mudah uring-uringan bukan hanya dialami saat kamu PMS, tapi mood swing juga akan menyerang ibu hamil. Mood swing bisa terjadi akibat perubahan hormon yang dialami sang ibu. 
  • Sensitif terhadap bau
Indra penciuman kamu akan sangat peka terhadap bau, hal ini wajar dialami oleh ibu hami. Jadi jika kamu jadi sensitif terhadap bau tertentu padahal biasanya nggak, kamu perlu curiga ya.
 
baca juga

3. Ciri-Ciri Wanita Hamil 1 Minggu Sebelum Haid

  • Nafsu makan akan meningkat
Nah, saat selera makan kamu meningkat cukup drastis, ini bisa jadi tanda kehamilan sebelum haid. Untuk itu kamu patut curiga jika sedang hamil.
  • Payudara terasa kencang
Gejalanya hampir sama seperti kamu PMS (pre menstrual syndrome), payudara akan terasa sedikit kencang dan nyeri. 

4. Ciri Hamil 1 Minggu Keputihan

Keputihan merupakan hal yang wajar dialami wanita, tapi jika keputuhan kamu menunjukkan tanda-tanda seperti ini, bisa jadi kamu sedang hamil lho. Apa aja tanda-tandanya, yuk simak!
  • Tekstur keputihan wanita hamil berbeda dengan keputihan pada umumnya. Kamu akan mendapati keputuhan kamu bertekstur lebih kental daripada biasanya.
  • Dari segi warna, keputihan pada wanita hamil akan berwarna sedikit lebih kuning daripada biasanya.
  • Frekuensi keputihan yang muncul lebih sering dan akan terus keluar selama proses kehamilan.
baca juga

5. Ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama

Nah, selain tanda-tanda di atas, jika kamu mengalami ciri-ciri lain seperti di bawah ini, itu tandanya kamu sudah hamil muda dan masuk 1 minggu pertama. 
  • Kram
Kram yang kamu rasakan akan disertai dengan kontraksi yang sering terjadi setiap 5 hingga 20 menit sekali. 
  • Frekuensi mual yang lebih sering
Biasanya rasa mual ini akan datang pada pagi hari, tapi ada beberapa wanita yang mengalami gejala mual sepanjang hari.
  • Pendarahan
Jangan langsung panik jika mendadak kamu mengalami pendarahan. Pendarahan terjadi karena embrio yang menempel di dinding rahim. Tapi jika rasanya sudah sangat sakit dan mengganggu, kamu bisa langsung konsultasi ke dokter kandungan.

Nah, jadi tanpa perlu test pack kamu juga sudah bisa deteksi bahwa kamu sedang hamil. Coba ingat-ingat tanda-tanda di atas sudah muncul atau belum?