1. Kunjungi Dokter Kandungan

Saat sudah dipastikan bahwa kamu hamil, hal pertama yang mesti kamu lakukan adalah mengunjungi dokter dan konsultasi. Dokter akan memeriksa kehamilan kamu dan memberitahukan apa yang sebaiknya kamu lakukan dalam merawat kehamilan kamu agar bayi kamu berkembang dengan baik hingga waktunya lahir.

source: http://www.solusisehatku.com


 

baca juga

2. Makanan Sayur dan Buah

Makanan yang kamu makan akan mempengaruhi perkembangan janin dalam kandunganmu. Di trimester pertama kamu akan menghadapi banyak masalah seperti morning sickness, pusing, gampang lelah, dan perubahan emosi.

Agar bayi kamu berkembang dengan sempurna maka kamu membutuhkan sayur dan buah yang kaya akan vitamin dan mineral terutama asam folat seperti asparagu, brokoli, kacang-kacangan. Karena asam folat membantu pembentukan otak janin. Sedangkan untuk buah kamu dapat mengonsumsi jeruk, pisang, apel dan jenis buah lainnya yang kamu sukai.

source: http://cara123sehat.blogspot.co.id


 

3. Tetap terhidrasi

Kebutuhan asupan air ketika hamil lebih banyak dari biasanya. Saat tidak hamil orang dewasa membutuhkan 8 gelas atau kurang lebih 1,8 liter perhari, saat hamil kamu harus mengonsumsi setidaknya 10 gelas perhari.

Perlu kamu ketahui bahwa cairan selama kehamilan sangat penting untuk membantu kamu dan volume bayi kamu tumbuh. Air yang tidak cukup bisa menyebabkan sembelit, kelelahan, dan bahkan persalinan prematur. Jika kamu tidak suka minum air puti polos, maka kamu bisa mensiasatinya dengan menambahkan beberapa potongan buah kesukaan kamu ke dalam gelas air putih kamu.

source: https://hellosehat.com


 

baca juga

4. Olahraga Teratur

Ikuti kelas pra-lahir di daerah kamu. Kamu bisa mengikuti kelas yoga prenatal. Kamu membutuhkan olahraga ringan untuk menguatkan energi kamu. Namun, sebelum itu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan kamu, olahraga apa yang cocok untuk trimester pertama kehamilan kamu.

source: http://www.ibu-hamil.web.id


 

5. Istirahat cukup

Saat hamil kamu benar-benar membutuhkan istirahat yang cukup. Jangan bekerja terlalu berat. Luangkan waktu untuk tidur siang jika memungkinkan, dan cobalah tidur lebih awal di malam hari. Saat tidur kamu produktif maka akan lebih baik bagi kamu dan perkembangan bayi kamu selama dalam kandungan.

source: http://melindahospital.com