Fungsi Endometrium Pada Rahim

Moms, tahu nggak sih apa itu endometrium? Endometrium adalah lapisan terdalam rahim. Endometrium terdiru dari tida lapisan, yaitu stratum basale, stratum compactum, dan stratum spongiosum.

Lapisan endometrium ini yang akan mengalami perubahan sebagai respons terhadap naik turunnya kadar estrogen sepanjang siklus haid. Endometrium sendiri terdiri dari dua lapisan, yaitu lapisan basilar, yaitu lapisan yang melekatkan endometrium dengan miometrium, dan lapisan fungsional. Lapisan fungsional yang terdiri dari kelenjar dan pembuluh darah inilah yang dapat menebal dan menipis seiring dengan siklus haid.

Endometrium yang tebal dan subur diperlukan agar embrio, yaitu sel telur yang telah dibuahi, bisa berimplantasi ke dalam dinding rahim. Tanpa proses ini, kehamilan tidak dapat berlanjut. Selama kehamilan, endometrium jugalah yang membantu pembentukan plasenta untuk menutrisi janin yang sedang berkembang.

Endometrium yang dianggap normal adalah yang memiliki ketebalan 8-13 mm. Kondisi tersebut memungkinkan untuk terjadinya implantasi dari proses kehamilan yang alami. Sedangkan ketebalan minimal untuk bisa menerima implantasi dari proses kehamilan buatan seperti bayi tabung ialah 6 mm.

Fungsi Endometrium Pada Rahim
source: http://www.ilmudasar.com/2017/05/Pengertian-Struktur-dan-Fungsi-Uterus-Rahim-adalah.html

Moms, fungsi endometrium pada rahim adalah membentuk cairan penghalang sebagai batas rahim dan menjaga agar dinding rahim tetap menempel satu sama lain. Selama Moms hamil, maka fungsi endometrium adalah sebagai tempat bagi embrio untuk berimplantasi dan mendapatkan nutrisi dari darah. Ketika embrio tumbuh, kelenjat dan pembuluh darah akan meningkat dalam endometrium, yang pada akhirnya terbentuklah plasenta yang berguna untuk menyalurkan oksigen ke janin.

Sebelum terjadinya menstruasi, maka fungsi endometrium pada reproduksi wanita adalah mempersiapkan diri untuk proses pembuahan dengan menebalkan dinding. Namun jika ternyata tidak ada pembuahan, lapisan paling luar akan dikeluarkan ketika menstruasi.

Fungsi Endometrium dan Miometrium

Tidak sama dengan endometrium, miometrium merupakan lapisan otot polos dan tengah dinding uterus yang bertanggung jawab untuk pergerakan otot rahim saat melahirkan. Miometrium juga memiliki tiga lapisan seperti endometrium, diantaranya lapisan luar otot-otot halus memanjang, serat-serat otot malang yang melintang di angka delapan bentuk, dan serat-serat melingkar bagian dalam.

Fungsi Endometrium dan Miometrium
source: http://cantik-pernik.blogspot.com/2012/04/mioma-uteri.html

Endometrium adalah lapisan paling dalam dari dinding uterus yang mengalami perubahan siklik selama berbagai tahap siklus menstruasi. Fungsi utama endometrium adalah menyediakan situs untuk implantasi dan pengembangan plasenta. Namun, miometrium adalah lapisan tengah otot dinding rahim yang bertanggung jawab untuk kontraksi otot rahim selama persalinan.

baca juga

Fungsi Endometrium dan Infundibulum

Infundibulum adalah bagian tuba fallopi yang terletak paling ujung dan paling dekat dengan ovarium. Infundibulum memiliki lubang masuk yang lebar dan berbentuk seperti corong. Pada sisi-sisi tepinya terdapat lipatan-lipatan mukosa yang disebut fimbrae. Struktur infundibulum yang seperti ini akan memudahkan masuknya telur dari ovarium ke dalam saluran oviduk. Fungsi dari infundibulum adalah untuk menampung sel ovum yang telah ditangkap oleh fimbriae.