Buah

Konsumsi setidaknya 3-4 porsi buah per hari. Kamu bisa memilih buah segar, buah beku, buah kaleng, jus, buah kering, atau jus buah alami. Tapi, kalau untuk buah kaleng, pastikan agar tidak mengandung pemanis buatan, pewarna, dan pengawet ya karena tiga bahan tersebut dapat membahayakan janinmu.

Selain itu, usahakan makan satu buah jeruk setiap hari karena jeruk kaya vitamin C yang baik untuk ibu dan janin. Atau, kamu juga bisa konsumsi jus buah atau smoothies buah minimal satu gelas perhari.
 

source: http://ibuhamilmuda123.blogspot.co.id/


 

Sayuran

Pada trimester pertama kehamilan, kamu membutuhkan 3-5 porsi sayuran per hari. Pastikan satu porsi makan kamu setengahnya adalah sayur dan buah ya, Moms. Pilih sayuran hijau (brokoli, kangkung, bayam), wortel, ubi, sayuran kuning (jagung, paprika kuning), dan sayuran merah (tomat, paprika merah).
 

source: http://www.yosehat.com/


 

baca juga

Susu dan olahannya

Makanan olahan susu merupakan sumber kalsium yang mendukung pertumbuhan tulang dan gigi dan menjaganya tetap kuat. Untuk mendapatkan cukup kalsium, minum susu dan makan yogurt dan keju setidaknya 3 porsi per hari ya, Moms. Pastikan juga kamu mengonsumsi susu rendah kalori, susu rendah lemak atau bebas lemak agar tidak terlalu mempengaruhi berat badanmu selama hamil.
 

source: http://www.rumahsusu.id/


 

Protein

Perlu kamu tahu, kebutuhan protein saat trimester pertama kehamilan ialah 2-3 porsi per hari lho. Protein dapat kamu peroleh dari daging tanpa lemak, ayam, bebek, ikan, dan telur. Selain itu, sumber protein lain juga terdapat pada kacang-kacangan dan biji-bijian lho. Satu porsi protein sama dengan 2-3 ons daging, ayam, bebek, atau ikan yang dimasak; 1 cangkir kacang-kacangan; 2 butir telur; 2 sdm selai kacang; atau 1 ons kacang.
 

source: http://www.l-men.com/


 

baca juga

Biji-bijian utuh

Terakhir, konsumsi biji-bijian utuh setidaknya 3 porsi per hari ya, Moms, untuk memenuhi serat selama hamil. Biji-bijian utuh disini ialah seperti roti gandum utuh, sereal, biskuit, dan pasta mengandung serat. Jika kamu mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung serat, tentunya hal ini dapat membantu menjaga fungsi usus halus sehingga kamu terhindar dari sembelit dan wasir. Sebaiknya pilihlah makanan whole grain yang terbuat dari gandum utuh dan bukan tepung putih.
 

source: http://klinikkesehatanku.blogspot.co.id/2012/10/hebatnya-manfaat-biji-bijian-utuh.html