Mitos Seputar Bayi Prematur

Ada banyak hal salah kaprah yang sudah telanjur menancap di benak banyak orang, tentang bayi yang lahir prematur. Mitosnya, bayi yang lahir kurang dari 34 minggu, tidak akan bisa menyusu. Padahal nih Moms, bahkan bayi usia 28 pun sudah mulai bisa mengisap ASI. Namun memang kekuatannya tak jauh lebih rendah dibandingkan bayi yang usianya sudah 37 minggu.

Kebanyakan bayi prematur juga dipercaya harus dimasukkan ke dalam inkubator. Padahal tak semua bayi prematur harus masuk inkubator. Justru akan lebih baik jika Moms sendiri yang membantu menghangatkan tubuh bayi, dengan memeluknya langsung bersentuhan kulit. Bayi juga akan merasa lebih tenang dalam dekapan ibu, dan tak ada efek samping buruknya.

Masih ada banyak lagi kepercayaan tentang bayi prematur yang ternyata hanyalah mitos. Apapun yang melekat tentang bayi prematur, anggaplah sebagai keistimewaan bayi prematur itu sendiri, moms. Mereka istimewa karena berbeda dari bayi pada umumnya, membutuhkan perlakuan istimewa juga, tapi mereka akan mengejar semua ketertinggalan di usia satu tahun.

Mitos Seputar Bayi Prematur
source: https://www.pexels.com

Pertumbuhan Bayi Prematur yang Sehat

Tak semua bayi prematur sehat, mereka justru memiliki risiko kematian yang lebih besar. Berat badan bayi prematur juga di bawah rata-rata bayi pada umumnya. Namun bukan berarti mereka harus diberi asupan selain ASI. Untuk mengejar berat badan normal, tidak semua bayi permatur harus diberi tambahan vitamin A atau lainnya. Dengan teratur minum air susu ibu saja, akan membantu tumbuh kembangnya.

Pertumbuhan bayi prematur yang sehat memang harus di bawah pengawasan yang lebih ketat. Ibu harus sering-sering memberikan sentuhan, pijatan, dan dekapan untuk membuatnya merasa nyaman dan hangat. ASI juga bisa tetap diberikan, untuk membantu tumbuh kembangnya. Ciri bayi prematur yang sehat, mereka ada dalam kondisi yang stabil, tidak ada infeksi, dan berat badannya juga bertambah setiap harinya.

Mampu menerima asupan ASI juga termasuk salah satu ciri bayi prematur yang sehat. Selain itu, organ tubuh mereka juga makin berkembang dan bisa berfungsi secara normal juga jadi indikasi. So Moms, tak perlu khawatir, terlalu panik, dan percaya mitos tentang bayi prematur begitu saja. Jika Moms melahirkan bayi prematur, tetaplah bersemangat, agar si kecil juga ikut bersemangat!

Pertumbuhan Bayi Prematur yang Sehat
source: https://www.pexels.com