Trimester kedua kehamilan adalah masa yang paling menyenangkan bagi ibu. Jika di trimester pertama kamu pilih-pilih makanan karena merasa mual, muntah dan pusing, dan aktivitas fisik berkurang. Namun saat memasuki tiga bulan kehamilan, kamu sudah terbebas dari persoalan ini.

Dengan begitu, kamu akan merasakan nafsu makan kamu bertambah, porsi makan pun bertambah dan lebih aktif dari sebelumnya. Sama halnya saat trimester pertama, memasuki trimester kedua seyogyanya pola hidup sehat kamu terapkan.

Sebelum merencanakan kehamilan, kamu harus memahami bagaimana merawat kehamilan. Hanya saja masih banyak perempuan yang khawatir terhadap bayinya karena kurangnya pengetahuan. Kali ini Beautynesia.id akan membagikan tips merawat kehamilan di  trimester kedua. Yuk simak penjelasan berikut!

1. Waspada terhadap sikap tubuh

Pada trimester kedua kehamilan tubuh kamu akan mengalami perubahan, dimana perut semakin menonjol, payudara semakin membesar sehingga akan membatasi gerak tubuh. Nah, maka dari itu kamu harus mewaspaddai sikap tubuh kamu sebelum bergerak. Ketika kamu hendak mengambil barang dengan posisi rendah posisikan tubuh dalam keadaan jongkok untuk mengurangi penekanan pada perut.

Hindari olahraga berat atau aktivitas fisik yang mengeluarkan banyak tenaga dan gerakan spontan/mendadak karena akan berpengaruh negatif pada janin. Saat kamu tidak mampu mengendalikan sikap tubuh kamu, itu akan berisiko melahirkan prematur.

source: http://prenagen.com


 

baca juga

2. Istirahat yang cukup

Saat hamil kamu akan merasa gampang lelah dan mengantuk, hal ini disebabkan adanya perubahan hormon progesteron. Sehingga kamu membutuhkan tidur yang lebih banyak daripada biasanya. Luangkan waktu untuk tidur di siang hari, dan tidur lebih awal pada malam hari. terlebih lagi bila kamu merasa letih maka sebaiknya beristirahat.

source: https://www.vemale.com


 

3. Buat perencanaan

Sekarang saatnya kamu merencanakan waktu cuti di kantor tempat kamu bekerja. Mintalah bantuan kepada orang yang tepat untuk membantu menyelesaikan pekrjan kamu selama cuti melahirkan. Selain itu, carilah informasi seputar kehamilan dan persalinan misalnya mengikuti seminar/workshop, riset di Google atau konsultasikan kehamilan kamu dengan dokter kandungan.

source: http://health.detik.com


 

baca juga

4. Diet Sehat

Asupan nutrisi seimbang mutlak selama kehamilan trimester kedua ini. Karena dengan makan sehat lah bayi dapat berkembang dengan baik dan menjadi lebih sehat. Telur atau kuning telur mengandung kolin yang pada gilirannya dapat membantu perkembangan otak bayi dan meningkatkan kinerja otak. Sumber nutrisi seperti susu, kedelai dan daging sapi juga kaya kolin.

Kamu juga perlu memperkaya nutrisi dengan mengonsumsi alpukat. Alpukat akan membantu mengatasi mual, membantu perkembangan otak serta memperbaiki jaringan bayi. Penuhi kebutuhan protein dan kalsium kamu dengan mengonsumsi yogurt.

source: http://www.ibu-hamil.web.id


 

5. Bersantai

Mungkin kamu sulit untuk menyesuaikan perubahan fisik kamu di trimester kedua kehamilan. Dan perubahan hormon juga akan mempengaruhi emosi kamu. Bersantai adalah cara yang menyenangkan untuk memperbaiki mood kamu. Dengan begitu kamu bisa lebih rileks menghilangkan ketegangan dan mengurangi stress kehamilan.

source: https://www.vemale.com


 

6. Berolahraga

Olahraga bagi ibu hamil akan membantu melancarkan sirkulasi darah, mengembalikan energi, dan membuat kamu lebih sehat. Ketika sirkulasi darah lancar makan emosi cenderung stabil. Dengan olahraga yang tepat akan membantu kamu dalam mempersiapkan persalinan. Konsultasikan pada dokter kandunganmu tentang olahraga yang cocok buat kamu.

source: https://www.ibudanbalita.com