Fungsi Vitamin C

Fungsi vitamin C adalah vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk membentu zat kolagen. Secara umum, fungsi utama vitamin C adalah untuk menjaga beberapa mekanisme tubuh seperti membantu penyembuhan luka, memelihara kesehatan jaringan penghubung, dan membantu melindungi sel-sel tubuh. Sedangkan fungsi vitamin c untuk ibu hamil adalah melindungi dan menjaga kesehatan sel, membentuk kolagen di dalam tulang, tulang rawan, otot, kulit dan pembuluh darah. Selain itu mengonsumsi vitamin C bagi ibu hamil juga penting bagi perbaikan jaringan, penyembuhan luka, melawan penyakit infeksi, dan membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh yang berasal dari sayur-sayuran.

Fungsi Vitamin C
source: https://www.healthline.com

Efek Samping Overdosis Vitamin C pada Ibu Hamil

Meskipun bermanfaat, konsumsi vitamin C secara berlebihan justru dapat membawa dampak negatif bagi tubuh. Setiap vitamin memiliki dosis konsumsinya masing-masing disesuaikan dengan kondisi tubuh setiap individu. Apabila konsumsi vitamin C dilakukan secara berlebihan, maka akan menimbulkan efek samping, diantaranya Sering berkemih atau buang air kecil, Mual dan tidak nafsu makan, lelah, perubahan suasana hati, bibir pecah-pecah, sakit perut, diare atau sembelit. Beberapa ibu hamil bahkan dapat mengalami hipersensitif terhadap cahaya, ruam dan gatal, nyeri otot dan detak jantung yang tidak beraturan saat kelebihan vitamin C.

Efek Samping Overdosis Vitamin C pada Ibu Hamil
source: https://www.popmama.com
baca juga

Konsumsi Vitamin C Secara Benar

Bagi ibu hamil, penting untuk mengonsumsi vitamin C sesuai dengan dosis dan anjuran. Adapun dosis konsumsi vitamin C pada ibu hamil adalah mengikuti petunjuk dokter dengan mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut:

  • RDA (Recommended Daily Allowance). Berapa dosis vitamin harian yang dianjurkan bagi kebanyakan orang pada umumnya.
  • Jumlah asupan maksimal yang dapat ditolerir atau dikonsumsi setiap hari tanpa menimbulkan risiko kesehatan atau efek samping.
  • Jumlah asupan yang memadai. Perkiraan asupan yang memadai didapatkan melalui hasil pengamatan terhadap konsumsi vitamin sebelumnya.
  • Toksisitas vitamin, yaitu kemungkinan overdosis atau efek interaksi jika mengonsumsi beberapa jenis vitamin, termasuk vitamin A, B6, C, D atau niasin.
Salah satu tanda yang paling tampak ketika kelebihan vitamin C air seni yang berwarna kuning pekat. Perbanyak minum air putih dan kurangi konsumsi vitamin C untuk mengembalikan kondisi tubuh.
Konsumsi Vitamin C Secara Benar
source: https://doktersehat.com
Seperti asupan lainnya, mengonsumsi vitamin C harus dilakukan secara cermat. Terlebih vitamin ini dapat membawa dampak negatif jika dikonsumsi berlebihan. Untuk lebih amannya, konsultasikan dosis konsumsi vitamin C yang sesuai untuk kamu dan imbangi dengan mengonsumsi asupan bergizi lainnya.