1. Ibu Hamil Muda

Kondisi ibu hamil muda memang menjadi masa-masa yang sulit bagi sebagian besar Moms di rumah. Selain gejala mual yang sering melanda, mudah lelah, dan sering merasa pusing juga kerap dialami. Ditambah lagi jika Moms memiliki buah hati yang masih membutuhkan ASI eksklusif. Keadaan tersebut memang menjadi dilema, apakah aman memberikan ASI saat kondisi hamil muda?

Moms, meski sedang hamil muda memberikan ASI tetap aman dilakukan kok dan jangan takut ASI tidak bisa keluar, karena masa produksi ASI itu dimulai saat proses kehamilan, biasanya Moms di rumah akan merasakan payudara membesar, mengeras, dan lebih padat. Itu karena proses pembentukan ASI sudah mulai terjadi. 
1. Ibu Hamil Muda

Hal yang paling penting untuk Moms perhatikan adalah asupan nutri yang masuk ke dalam tubuh. Saat hamil muda dan menyusui, nutrisi yang dibutuhkan 3 kali lebih banyak dari jumlah biasanya, karena selain untuk diri sendiri, ada calon bayi dan si kakak yang masih membutuhkan asupan nutrisi. 

2. Ibu Hamil 9 Bulan

Memasuki usia kehamilan 4 hingga 5 bulan, produksi ASI yang kamu hasilkan pasti berubah dan perubahan ini terbilang wajar kok. Biasanya yang terjadi, produksi ASI kamu akan lebih kental dan terasa hambar sehingga membuat si kecil kurang suka untuk meminum ASI.

Nah, jika kondisinya sudah begitu sangat disarankan untuk Moms memberikan MPASI jika usia si kecil sudah di atas 6 bulan, tapi jika belum cobalah mencari pendonor ASI agar kebutuhan ASI bagi si kecil tetap terpenuhi. Sehingga saat kehamilan Moms sudah mencapai usia 9 bulan, Moms bisa lebih fokus untuk menyiapkan proses persalina, karena si kakak sudah bisa di MPASI atau sudah ada donor ASI yang bisa memenuhi kebutuhannya. 
2. Ibu Hamil 9 Bulan
baca juga

3. Ibu Hamil Sehat

Sebenarnya jarak yang ideal untuk memiliki anak lagi yaitu 2 hingga 3 tahun menurut menteri kesehatan. Saat hamil dan harus menyusui, hal yang paling harus diperhatikan adalah kesehatan kamu ya, Moms. 

Asupan gizi, protein, kalsium dan lainnya sangat diperlukan selama proses menyusui dan kehamilan. Mengonsumsi gandum, beras merah, buah-buahan, sayur-mayur serta air putih sangat dianjurkan untuk mengoptimalkan kebutuhan gizi yang diperlukan agar ibu tetap sehat saat hamil.
3. Ibu Hamil Sehat

4. Tanda Ibu Hamil Sehat

Kesehatan menjadi faktor utama agar kamu mampu memberikan ASI meski sedang dalam kondisi berbadan dua, untuk itu kamu bisa kenali tanda-tanda kehamilan sehat sebagai berikut ini:
  • Mengalami mual dan muntah di trimester kehamilan pertama.
  • Sensitif terhadap bau dan makanan.
  • Mudah kelelahan.
  • Terjadi nyeri pada payudara.
  • Adanya gerakan pada janin di dalam perut.
4. Tanda Ibu Hamil Sehat
baca juga

5. Gizi Ibu Hamil

Agar kebutuhan gizi kamu terpenuhi, selain perbanyak makanan di atas beberapa tips di di bawah ini juga bisa dicoba:
  • Perbanyak makanan yang kaya serat tinggi dan rajin berolahraga agar mencegah terjadi konstipasi.
  • Diharuskan untuk makan setiap hari. Meski mual cobalah untuk tetap mengonsumsi makanan dan sertakan juga yoghurt atau susu rendah lemak.
  • Hindarilah makanan pedas dan berlemak.
  • Terapkan pola makan sehat dengan menu sereal gandum, sayuran, buah, dan kacang-kacangan.
Jadi, Moms memberikan ASI saat sedang hamil tetap aman dilakukan kok.
5. Gizi Ibu Hamil