Kalkulator Hamil

1. Pregnancy Calculator and Calendar

Jika Moms memiliki smartphone berbasis Android, maka aplikasi kalkulator kehamilan ini wajib banget diunduh. Lewat aplikasi ini, Moms dapat mengetahui perkiraan waktu due date atau persalinan akan tiba. Jadi, Moms akan lebih mudah menyiapkan segala yang diperlukan. 

Cara menggunakan aplikasi ini cukup mudah lho, moms. Setelah diinstal, Moms akan diminta untuk mengisi tanggal konsepsi, sehingga dapat diketahui usia kehamilan Moms saat itu, juga due date. Selain itu, aplikasi ini juga memuat informasi mengenai berat janin, lho. 

Tersedia pula beberapa artikel di antaranya artikel seputar gejala awal kehamilan, makanan dan minuman yang harus dihindari selama hamil, kenaikan berat badan ideal dan barang apa saja yang perlu Moms bawa ke rumah sakit saat persalinan nantinya. 
 

source: https://doy9lykf9ter0.cloudfront.net/photo/5a7efb73a44be0148513f0fd_l
 

2. Pregnancy Due Date & Fertility Calculator Tools

Jika Moms pengguna iPhone, Moms bisa mengunduh Pregnancy Due Date & Fertility Calculator Tools. Aplikasi ini cukup lengkap karena selain dapat menghitung usia kehamilan Moms dan kapan waktu due date, aplikasi ini juga bisa memberitahu Moms kapan sedang dalam masa subur dan ovulasi. Selain itu, juga bisa memonitor perkembangan bayi lewat deteksi tendangannya. 

Untuk menghitung usia kehamilan, Moms cukup memasukkan tanggal kapan menstruasi terakhir atau last menstruation period (LMP), setelah itu akan muncul tanggal terjadinya pembuahan dan due date. Kebanyakan calon ibu yang menggunakan aplikasi ini memberikan respon positif. Bahkan ada yang mengakui kalau aplikasi ini membantunya bisa hamil lho. Wah banget kan, Moms! Yuk, segera diunduh! 
 

source: https://doy9lykf9ter0.cloudfront.net/photo/5a7efb74a44be0148513f105_m
 

3. Pregnancy Calculator

Jika Moms hanya ingin mengetahui perkiraan konsepsi, usia kehamilan hingga tanggal perkiraan lahir, maka Moms cukup unduh aplikasi ini. Aplikasi Pregnancy Calculator sangat simple dan mudah digunakan. Hampir sama dengan aplikasi yang sudah dijelaskan di atas, cara menggunakannya cukup masukkan terakhir menstruasi untuk mendapatkan perkiraan konsepsi hingga due date.
 

source: https://doy9lykf9ter0.cloudfront.net/photo/5a7efb75a44be0148513f10d_m

4. Aplikasi Via Web

Beberapa web menawarkan aplikasi kalkulator kehamilan lho, moms. Pertama, kalkulator hamil friso. Moms bisa langsung mengakses melalui laman Friso dan memasukkan Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) dan lama siklus haid rata-rata. Kedua, kalkulator hamil bidanku. Cara menggunakannya mom dapat mengakses laman Bidanku dengan memasukkan hal yang sama seperti pada lama friso yaitu HPHT dan siklus haid rata-rata. Ketiga, kalkulator hamil luvizhea. Untuk kalkulator hamil ini, moms bisa masuk ke laman web Luvizhea dan mengisi data yang sama seperti di dua web di atas. 

Itulah beberapa kalkulator kehamilan yang bisa membantu Moms dalam menghitung usia kehamilan. Semoga membantu ya Moms!