Ibu Hamil Makan Durian

Anggapan tentang mengonsumsi durian bisa membahayakan ibu hamil itu ternyata salah, Moms. Jika tidak dikonsumsi secara berlebihan, durian justru kaya akan kandungan kalium untuk menyeimbangkan tekanan darah dan kadar cairan dalam tubuh. Selain itu, kandungan organo-sulfur dan triptofan dalam durian dapat membantu melawan infeksi bakteri dan jamur. Namun, porsinya tetap harus diperhatikan ya, Moms, yaitu dibatasi maksimal 3 biji sesekali saja dan tidak untuk tiap hari. Karena konsumsi terlalu banyak, berefek meningkatkan gula darah dan kelebihan berat badan atau obesitas.

Ibu Hamil Makan Durian
source: https://majunkri.com

Ibu Hamil Minum Kopi

Secara umum, minum terlalu banyak kopi dapat menimbulkan kecemasan, jantung berdetak kencang, hingga gangguan pencernaan karena kandungan kafeinnya. Oleh karena itu Moms, ibu hamil tidak boleh mengonsumsi kopi. Pasalnya, kafein di dalam kopi dapat menembus plasenta ibu hamil dan berdampak pada janin yang dikandung. Beberapa risiko jika Moms mengonsumsi kafein saat hamil dikhawatirkan mengalami refluks asam lambung, anemia, dan berat badan yang rendah bagi bayi. Selain itu, kopi juga dikhawatirkan dapat menyebabkan janin keguguran atau meninggal setelah dilahirkan. 
 

Ibu Hamil Minum Kopi
source: https://pixabay.com
baca juga

Ibu Hamil Makan Pedas

Anggapan yang menyebutkan makanan pedas saat hamil tua menyebabkan ibu melahirkan prematur atau mengalami keguguran itu tidak terbukti benar. Makanan pedas tidak membahayakan janin dalam kandungan, justru dapat membantu mengembangkan toleransi indera pengecap yang lebih kaya saat besar nanti. Namun, tidak dianjurkan untuk makan pedas dengan porsi berlebihan, ya. Karena makan pedas saat hamil dapat memicu masalah pencernaan hingga asam lambung naik atau heartburn. Secara garis besar, makan pedas saat hamil diperbolehkan, namun, jika menyebabkan perut tidak nyaman, sebaiknya dihindari. 

Ibu Hamil Makan Pedas

Ibu Hamil Makan Mie Instan

Secara umum, mie instan tidak boleh dikonsumsi sebagai makanan tunggal karena minim kandungan protein, mineral, vitamin, dan serat. Padahal kandungan tersebut sangat penting dalam menunjang kesehatan ibu dan janinnya. Ibu hamil tidak dianjurkan mengonsumsi mie instan karena rasa asin mie instan banyak mengandung garam dan monosodium glutamat (MSG). Konsumsi garam dalam jumlah tinggi dapat beresiko mengalami tekanan darah tinggi. Memang tekanan darah tinggi dalam kehamilan tidak selalu berbahaya, namun dapat menyebabkan komplikasi kesehatan parah di kemudian hari. 

Ibu Hamil Makan Mie Instan
source: https://pixabay.com
baca juga

Ibu Hamil Minum Es

Konon, mengonsumsi es saat hamil dapat menyebabkan ukuran janin teralu besar untuk dilahirkan secara normal. Padahal faktanya minum air es saat hamil justru dapat membantu merangsang pergerakan bayi di dalam kandungan. Namun, pastikan es atau air es yang Moms minum sudah matang benar, ya. Jangan sampai ibu hamil mengonsumsi es dari air mentah. Ibu hamil harus mengetahui pasti mengenai cara pengolahannya atau pastikan kemasan air dalam segel yang tidak rusak untuk menghindari kemungkinan kontaminasi. 

Ibu Hamil Minum Es
source: https://www.thelist.com