Tanda Akan Melahirkan Dalam Waktu Dekat


Melahirkan adalah hal yang paling dinantikan oleh setiap Ibu hamil. Mengetahui tanda-tanda melahirkan sangat penting untuk kesiapan dan kesiagaan Mommy saat nanti hari melahirkan telah tiba. Tanda-tanda semacam ini terjadi beberapa minggu atau hari sebelum melahirkan. Berikut ini tanda-tanda akan melahirkan dalam waktu dekat yang perlu Moms ketahui :

  1. Turunnya perut atau kandungan mulai merosot akan terjadi beberapa minggu atau jam sebelum melahirkan. 
  2. Sulit untuk tidur akan dialami oleh ibu hamil yang akan segera melahirkan dalam waktu dekat. Bisa jadi itu adalah sebuah kontraksi yang bersifat halus yang menandakan bahwa ibu hamil akan segera mengalami pecah ketuban secara mendadak. 
  3. Merasakan sakit dan nyeri dibagian perut dan panggul yang semakin parah 
  4. Frekuensi buang air kecil  meningkat. Beberapa jam atau pekan sebelum persalinan bayi akan turun ke tulang panggul. Kondisi ini membuat rahim bersandar lebih sering pada kandung kemih. Sehingga menyebabkan Moms sering buang air kecil. 
  5. Keluar lendir kental bercampur darah dari vagina. Selama hamil, serviks ditutupi oleh lendir yang kental. Mendekati persalinan, serviks akan membesar dan membuat jalan lendir. Warna lendir bisa  berupa cairan bening, merah muda atau sedikit berdarah. 
  6. Sering merasa lelah dan lebih sering tidur siang 
  7. Pola kontraksi kuat dan teratur 
  8. Merasakan kontraksi palsu atau Braxton Hicks yang terjadi sekitar 30 hingga 120 detik. Akan hilang ketika berpindah posisi atau rileks. Kontraksi ini akan dirasakan sebelum mengalami kontraksi sungguhan. 
  9. Air Ketuban pecah adalah tanda paling umum melahirkan. Kebanyakan wanita lebih dulu merasakan kontraksi sebelum air ketuban pecah, tapi ada juga yang mengawalinya dengan pecahnya air ketuban. Tapi perlu berhati-hati yang Moms, jika air ketuban pecah dan Moms belum mengalami kontraksi, maka bayi akan mudah terserang infeksi. 

 

source: https://cdn.pixabay.com

 

12 Jam Tanda Akan Melahirkan

  1. Air ketuban pecah 
  2. Keluar lendir berwarna merah muda, coklat, kuning, atau putih mirip seperti jelly
  3. Mengalami kontraksi sungguhan bukan palsu lebih sering dan kuat. Misalnya 20 menit sekali atau 10 menit sekali, durasi dan kekuatan kontraksi meningkat. Kontruksi ini tidak akan berhenti meski ibu hamil berjalan atau melakukan hal-hal lain. Saat kontraksi terjadi setiap 5 menit dan berlangsung sekitar 1 menit dalam 1 jam, ini adalah tanda pasti bahwa ibu akan segera melahirkan.
baca juga

Tanda-tanda Akan Melahirkan Bayi Laki-laki atau Perempuan


Menurut penelitian jenis kelamin bayi mempengaruhi intensitas rasa sakit saat persalinan. Melahirkan bayi laki-laki akan terasa lebih sakit daripada melahirkan bayi perempuan.

Di dalam tubuh bayi perempuan terdapat antioksidan defensif yang berkerja lebih baik dibandingkan tubuh bayi laki-laki. Itulah yang menyebabkan persalinan bayi perempuan tidak terlalu sakit.

Berikut ini tanda-tanda akan melahirkan bayi laki-laki yang tentunya tak jauh berbeda dengan tanda-tanda akan melahirkan bayi perempuan:

  1. Mengalami kontraksi 
  2. Perut kram atau nyeri seperti saat akan menstruasi 
  3. Keluar flek darah 
  4. Sering buang air kecil 
  5. Air ketuban pecah 
  6. Punggung terasa pegal dan nyeri 
  7. Perut semakin keras dan kaku
  8. Menjadi lebih sensitii
  9. Sulit untuk tidur 
  10. Semburan air (bukan air seni) dari organ intim 


source: https://cdn.pixabay.com

Tanda-tanda akan Melahirkan Prematur


Melahirkan prematur adalah kondisi ibu hamil yang akan bersiap untuk melahirkan sebelum usia kandungan mencapai 37 minggu. Pada umumnya persalinan normal terjadi ketika usia kehamilan 40 minggu.

Melahirkan prematur sangat berbahaya bagi kondisi kesehatan bayi, karena kondisi organ-organ di dalam tubuh bayi belum siap sepenuhnya ketika lahir. 

Tanda-tanda akan melahirkan prematur:

  1. Mengalami kram perut seperti saat menstruasi 
  2. Sering mengalami kontraksi 
  3. Keputihan berlebih
  4. Keluar darah dari vagina
  5. Ada tekanan di daerah sekitar panggul 
  6. Punggung bagian bawah terasa sakit 
  7. Mual dan muntah
  8. Diare 

Nah, itu tadi beberapa hal yang bisa dijadikan patokan apakah seorang ibu hamil akan segera melahirkan atau belum. Jika mom sedang hamil dan mendekati HPL, dan merasakan beberapa hal di atas, segeralah berangkat ke rumah sakit.