Tujuan PAUD

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum pendidikan dasar yang membekali si kecil untuk tumbuh berkembang menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya. Pendidikan ini diterapkan guna membantu perkembangan dan pertumbuhan anak baik dalam jasmani maupun rohani agar memiliki kesiapan untuk memasuki pendidikan dasar nantinya. Adapun PAUD memiliki dua tujuan, yaitu:

  • Tujuan Utama
          Membentuk anak Indonesia yang berkualitas serta memiliki kesiapan optimal dalam memasuki pendidikan dasar dan mengarungi masa depan.
  • Tujuan Penyerta
          Untuk membantu menyiapkan anak dalam mencapai kesiapan belajar Akademik seperti mengenal nama-nama benda dan hewan di sekitarnya.
Tujuan PAUD
source: https://www.pexels.com

Kurikulum PAUD di tahun 2018/2019

Adanya perubahan kurikulum pendidikan anak usia dini setiap tahunnya menandakan bahwa negara Indonesia sedang dalam masa pergerakan dalam bidang pendidikan untuk mencetak generasi muda yang berkualitas. Hal ini tidak terlepas dari adanya peran PAUD sebagai pondasi awal dimana si kecil pertama kali berinteraksi di dalam sebuah perkumpulan antar teman sebayanya serta mengalami pembentukan karakter dan belajar bersama. Adapun saat Ini negara Indonesia sedang menerapkan kurikulum 2013 di tahun ajaran 2018/2019 sebagai pedoman pembelajaran pada anak. Landasan kurikulum 2013 PAUD dikembangkan atas dasar pengkajian secara konseptual maupun empiris yang mendalam pada berbagai landasan yang fundamental, seperti:
  1. Landasan Filosofis
  2. Landasan Yuridis
  3. Psiko-Pedagogis
  4. Landasan Teoritis
  5. Landasan Sosiologis
Kurikulum PAUD di tahun 2018/2019
source: https://www.pexels.com
baca juga

Materi PAUD

Adapun materi pembelajaran PAUD kurikulum 2018 tahun ajaran 2018/2019 memiliki tiga aspek, yaitu:

  1. Pengetahuan (Knowledge) 
  2. Keterampilan (Skill)
  3. Sikap (Attitude)
Sumber materi PAUD dapat diperoleh dari video, media cetak, dan lingkungan di sekitar.
 
Materi PAUD
source: https://www.pexels.com

Perbedaan PAUD dan TK

Pendidikan anak sudah dapat di lakukan sedini mungkin bahkan saat berumur 1 tahun otak si kecil mulai bekerja untuk mengenal lingkungan sekitarnya, maka dari itu para Mommy diharapkan menggunakan kesempatan emas ini untuk mengasah otak si kecil belajar sejak dini untuk mempersiapkan diri di pendidikan dasar. Namun tahukah Mommy perbedaan PAUD dan TK? Berikut itu sedikit ulasan mengenai perbedaannya:
  • Paud
​​​​​​          Menurut pasal 28 UU Sidiknas No. 20/2003 ayat 1, PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) diperuntukan untuk anak berusia 1 - 8 tahun. Jadi Playgroup dan TK termasuk di dalam bagian PAUD.
  • TK
 TK (Taman Kanak-Kanak) dibagi menjadi dua yaitu TK Kecil dan TK Besar. Pendidikan ini sudah dapat dimulai sejak berumur 5 - 6 tahun. Metode pembelajaran dalam TK menggunakan sistem formal untuk mempersiapan anak ke tahap pendidikan dasar.
Perbedaan PAUD dan TK
source: https://www.pexels.com
Menurut pasal 28 UU Sidiknas No.20/2003 ayat 1, PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) diperuntukan untuk anak berusia 1 – 8 tahun.
source: https://www.pexels.com
baca juga

PAUD DIKMAS (Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat)

Mendikbud mengatakan di era globalisasi ini peran pendidikan begitu penting dalam menghadapi kemajuan teknologi dan zaman. Pendidikan formal saja tidak cukup untuk mengasah otak anak sehingga dibutuhkan pendidikan nonformal seperti kursus.
PAUD DIKMAS (Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat)
source: https://www.pexels.com
“Kita harus membuat terobosan-terobosan baru. nonformal harus berjalan lebih cepat dengan perubahan zaman. Jangan terperangkap dengan aturan yang kita buat sendiri. Karena nonformal itu lebih fleksibel,antiformalitas,antiprosedural. Jadi lakukan yang terbaik untuk kehidupan dan masa depan anak-anak kita.” papar Menteri.
source: https://www.pexels.com

Demikian informasi seputar PAUD yang dapat menjadi referensi para Mommy. Yuk, biarkan si kecil belajar sedini mungkin agar mencetak generasi bangsa yang cerdas dan berkualitas.