Menghitung Masa Subur Wanita

Masa subur wanita bergantung dengan siklus menstruasi. Akan tetapi sikluas menstruasi pada setiap wanita berbeda-beda. Ada wanita yang memiliki siklus menstruasi teratur dan tidak teratur. Bagi siklus menstruasi yang teratur, masa subur akan berlangsung pada hari ke 13 sampai hari ke 15 sebelum tanggal haid yang akan datang.

Source: http

Bagi wanita dengan siklus menstruasi tidak teratur yang perlu dicatat adalah panjang siklus haid sekurang-kurangnya enam siklus. Dari jumlah hari pada siklus terpanjang, dikurangi dengan 11 akan diperoleh hari subur terakhir dalam siklus haid tersebut. Sedangkan dari jumlah hari pada siklus terpendek dikurangi delapan, diperoleh hari subur pertama dalam siklus haid tersebut. Misalnya siklus terpanjangnya adalah 31, sedangkan siklus terpendek adalah 26, maka masa subur dapat dihitung dengan 31 dikurangi 11 yaitu 20, dan 26 dikurangi delapan yaitu 18. Jadi masa subur berlangsung pada hari ke 18 sampai hari ke 20.

Menghitung Masa Subur Online

Pesatnya perkembangan teknologi memudahkan manusia untuk mengetahui banyak hal. Begitu juga dengan menghitung masa subur. Saat ini sudah ada kalkulator online untuk menghitung masa subur. Moms, bisa mengaksesnya secara gratis karena tersedia banyak di google. 

Source: http://www.ibuhamil.com

Dalam kalkulator tersebut ada kolom hari pertama haid terakhir, interval haid dan masa haid. Moms, tinggal mengisinya sesuai dengan siklus menstruasi yang terjadi. 

baca juga

Cara Menghitung Masa Subur Pria

Menghitung masa subur tidak hanya diperuntukan bagi wanita saja, tetapi juga pria. Pada pria, masa subur dapat diukur melalui kuantitas dan kualitas sperma. Mas subur pada pria sukar ditentukan. Namun, jika bisa mengetahuinya akan membantu untuk meningkatkan peluang terjadinya proses kehamilan pada wanita. 

Source: http://www.alodokter.com

Masa subur pria adalah di pagi hari atau pada saat suhu udara lebih rendah dari biasanya. Sperma hasil ejakulasi biasanya mampu bertahan di dinding rahim wanita selama kurang lebih 2 sampai 3 hari, bahkan ada yang sampai satu minggu. Cara menentukan kualitas sperma dengan cara melakukan tes atau uji laboratorium terhadap sperma itu sendiri meliputi volume, pH, warna, jumlah dan bentuk spermatozoa, gerak sperma, dan bau.

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil

Kehamilan akan terjadi sekitar waktu ovulasi. Untuk itu perlu mengetahui masa subur dengan cara melacak siklus menstruasi, menghitung masa subur, memeriksa perubahan lendir serviks, mencatat suhu tubuh harian, menggunakan alat ovulasi seperti tes kehamilan, konsultasi ke dokter, dan lain-lain. 

Source: https://www.parentingclub.co.id

Ovulasi merupakan proses yang terjadi di dalam siklus menstruasi wanita. Pada proses ini folikel yang matang akan pecah dan mengeluarkan sel telur ke tuba falopi untuk dibuahi. Untuk itu penting bagi wanita mengetahui siklus menstruasi. Jika sudah mengetahui pasti, sel telur harus segera dibuahi dalam waktu 12-24 jam setelah ovulasi. Karena sel telur hanya bertahan selama kurang lebih 24 jam setelah dilepaskan. 
 

baca juga

Menghitung Masa Subur Setelah Melahirkan

Siklus haid setelah melahirkan dapat kembali normal dalam waktu 2-24 bulan setelah melahirkan secara perlahan-lahan atau setelah tidak menyusui kembali. Masa subur dapat dihitung dengan menghitung rata-rata siklus menstruasi selama 6 bulan terakhir. 

 

Source: http://tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com

Pada saat sudah mendapatkan menstruasi secara teratur, wanita bisa menghitung masa subur kembali. Jika ingin hamil kembali, seorang wanita bisa melakukan hubungan intim pada saat masa subur tersebut. 

Itulah lima cara untuk mengetahui masa subur. Cara ini patut dicoba, jika Moms ingin cepat hamil atau memiliki anak kembali.