Buah Pisang

Buah Pisang
source: https://www.pexels.com

Buah pisang kaya akan Kalium yang baik untuk kesehatan bayi. Teksturnya yang lembut juga sangat cocok diberikan untuk awal MPASI. Namun, Moms tidak boleh memberikan bagian tengah pisang pada bayi di bawah 6 bulan. Karena biji pisang bisa membuat bayi menjadi sembelit. Kerok bagian pinggir pisang dan berikan pada si kecil dengan sendok, sedangkan sisa bagian tengahnya dapat Anda makan atau buang.

Buah Naga

Buah Naga
source: https://www.pexels.com

Selain buah pisang, buah naga untuk bayi 6 bulan juga sangat baik untuk diberikan. Buah naga mengandung banyak air yang baik untuk melancarkan pencernaan, sehingga sangat cocok sebagai buah untuk bayi 6 bulan yang sembelit. Moms bisa menghancurkan buah naga dengan sendok atau membuatnya menjadi jus, agar lebih mudah dikonsumsi buah hati Anda.

baca juga

Buah Jeruk

Buah Jeruk
source: https://www.pexels.com

Buah jeruk juga baik diberikan pada si kecil yang usianya 6 bulan. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi dapat membantu penyerapan zat besi pada tubuh si kecil. Namun, Moms perlu memperhatikan jenis jeruk yang diberikan pada si kecil. Berikan jeruk yang manis, misalnya jeruk medan yang tidak menyebabkan gangguan pada pencernaan si kecil.

Buah Pepaya

Buah Pepaya
source: https://www.alodokter.com

Buah pepaya adalah buah yang baik untuk diberikan pada si kecil. Rasanya yang manis, umumnya sangat disukai oleh anak-anak. Selain rasanya enak, buah ini juga kaya serat yang baik untuk pencernaan. Namun, untuk bayi di bawah 6 bulan, sebaiknya pemberian pepaya jangan berlebihan. Karena pencernaan bayi 6 bulan, belum bisa mencerna serat dengan baik, sehingga pemberian buah pepaya berlebihan justru membuat bayi menjadi sembelit.

baca juga

Selain buah yang baik dikonsumsi bayi 6 bulan, ada juga buah yang sebaiknya tidak dikonsumsi atau dikurangi jumlah konsumsinya untuk bayi, seperti:

  1. Buah beraroma tajam, seperti durian dan nangka. Buah seperti ini bersifat asam di perut, sehingga dapat mengganggu pencernaan bayi.
  2. Buah yang terlalu manis atau asam. Buah-buahan yang terlalu manis atau asam, bukan merupakan buah untuk bayi 6 bulan yang sedang batuk atau sakit tenggorokan. Memberikan buah semacam ini pada bayi Anda dapat meningkatkan risiko penyakit si kecil semakin parah. Jenis buah yang terlalu manis atau asam antara lain, semangka, kelengkeng, manggis dan lemon.
  3. Jus buah dalam kemasan, jus buah untuk bayi 6 bulan adalah jus buah fresh yang lansung dilembutkan dari buah segar, bukan jus dalam kemasan. Meskipun diklaim sebagai minuman sehat, jus dalam kemasan biasanya mengandung banyak gula dan pengawet yang berdampak buruk bagi kesehatan si kecil.
Buah Pepaya
source: https://www.moneysmart.id

Memberikan nutrisi yang seimbang amat penting bagi si kecil. Apalagi di masa-masa penting pertumbuhannya. Seperti juga jenis makanan lainnya, pemberian buah pun harus dilakukan secara cermat. Agar si kecil senantiasa sehat dan dapat tumbuh secara optimal.