Penyebab Keputihan Pada Wanita

Keputihan adalah cairan yang dikeluarkan Ms. V karena dipengaruhi oleh siklus menstruasi. Sebenarnya keputihan adalah cara alami tubuh dalam membersihkan Ms. V agar tetap sehat serta sebagai pelumas untuk melindungi dari iritasi dan infeksi. Jadi keputihan adalah hal yang lumrah terjadi pada beberapa wanita.

Namun ada juga keputihan yang tidak normal lho! Penyebab keputihan tidak normal bisa bermacam-macam, mulai dari infeksi bakteri seperti bacterial vaginosis, infeksi jamur, hingga penyakit menular seksual, seperti gonore, klamidia, dan trikomoniasis. Maka dari itu penting untuk mengetahui bedanya antara cairan keputihan yang normal dan tidak normal.

Tanda-tanda cairan keputihan tidak normal:

  1. Berbau menyengat, seperti bau amis atau bau busuk.
  2. Tekstur lebih kental, berbusa, atau menggumpal seperti keju cottage
  3. Cairan berwarna abu-abu, kehijauan, kekuningan.
  4. Cairan yang keluar dari vagina disertai dengan darah.
  5. Jumlahnya sangat banyak dan lengket, sehingga mudah menempel pada pakaian dalam.
Penyebab Keputihan Pada Wanita
source: https://www.pexels.com

Penyebab Keputihan Saat Hamil

Saat wanita sedang hamil, tubuh akan menghasilkan banyak hormon estrogen sehingga tak jarang pula saat dalam keadaan hamil wanita juga mengalami keputihan. Penyebab keputihan ini terjadi karena perubahan leher rahim (serviks) dan dinding vagina yang semakin melunak akibat meningkatkanya produksi hormon estrogen. Hal ini kemudian memengaruhi aliran darah di area Ms. V sehingga mengalami peningkatan. Umumnya semakin lama usia kehamilan wanita maka semakin besar juga volume keputihannya untuk membantu proses persalinan.

Selama keputihan berwarna bening atau putih susu dan sedikit berbau itu hal yang wajar. Namun Mommy harus mewaspadai apabila keputihan mengalami perubahan warna seperti warna kuning, hijau, atau abu-abu, bahkan yang disertai dengan bercak darah. Hal ini dapat menjadi tanda adanya gangguan kehamilan atau gejala infeksi, sebaiknya segera konsultasi ke dokter.

Penyebab Keputihan Saat Hamil
source: https://www.pexels.com
baca juga

Penyebab Keputihan Gatal dan Bau

Penyebab keputihan gatal di sekitar Ms. V dikarenakan telah terjadi infeksi jamur. Hal ini dapat dideteksi ketika Ms. V mengeluarkan lendir yang kental ,berwarna putih seperti susu kental dan tidak berbau. Sedangkan penyebab keputihan bau tidak sedap, apabila terjadi perubahan keseimbangan pada jumlah bakteri normal di Ms. V sehingga lendir keputihan yang muncul akan berbau amis, encer, dan berwarna putih atau abu-abu, tapi tidak disertai rasa gatal atau iritasi.

Penyebab Keputihan Gatal dan Bau
source: https://www.pexels.com

Makanan Penyebab Keputihan Pada Wanita

Mommy mungkin akan kaget saat membaca ini, karena makanan yang mungkin biasa kita konsumsi ini ternyata menjadi salah satu pemicu terjadinya keputihan lho! Beberapa makanan ini meningkatkan hormon estrogen pada tubuh. Akibatnya cairan yang diproduksi Ms. V akan meningkat dengan pesat hingga keluar keputihan. Berikut beberapa makanan yang dipercaya dapat menyebabkan keputihan:

  1. Mentimun
  2. Tape Singkong
  3. Nanas
  4. Telur
  5. Gorengan
Makanan Penyebab Keputihan Pada Wanita
source: https://www.pexels.com

Wanita yang mengalami keputihan sudah menjadi hal yang wajar namun perlu dipahami lagi apabila terjadi perubahan warna, tekstur, dan baunya ya Mom. Apabila dirasa bermasalah segeralah berkonsultasi ke dokter untuk lebih amannya. Semoga bermanfaat ya!